Hoaks Giveaway Marak Beredar Jelang HUT ke-77 RI, Catut Artis hingga Perusahaan

Ilustrasi hoaks, Ilustrasi cek fakta(Dok. SHUTTERSTOCK)

Kailipost,- Beberapa promo giveaway yang mengatasnamakan sejumlah brand beredar di media sosial menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Promo-promo tersebut menawarkan berbagai macam hadiah, mulai dari mobil mewah, uang tunai, hingga rumah gratis.

Setelah ditelusuri, promo-promo giveaway tersebut terbukti tidak benar alias palsu. Tak hanya itu, promo palsu tersebut kemungkinan besar adalah modus pencurian data. Karena masyarakat diminta memasukkan data pribadinya untuk mengikuti giveaway.

Berikut deretan sederet promo giveaway palsu yang beredar di media sosial menjelang HUT ke-77 Kemerdekaan RI:

1. Giveaway Mini Cooper mengatasnamakan RANS Entertainment

Informasi RANS Entertainment mengadakan giveaway dua unit mobil Mini Cooper beredar di Facebook.

Berikut narasi yang dibagikan:

Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, RANS ENTERTAIMENT akan memberikan secara acak kepada 2 orang di facebook MINI MAXINDO merek baru 2022 yang berhasil mengetik (MERDEKA).

Narasi itu disertai sebuah foto yang memperlihatkan pasangan artis pemilik RANS Entertainment, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, berpose di antara dua mobil Mini Cooper berwarna merah dan biru.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, tidak benar RANS Entertainment mengadakan giveway dua unit mobil Mini Cooper dalam rangka peringatan HUT RI.

Informasi giveaway itu tidak ditemukan di akun media sosial resmi RANS Entertainment.

Adapun foto yang disertakan dalam narasi itu diambil dari akun Instagram pribadi milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

2. Giveaway Alphard mengatasnamakan Toyota Indonesia

Informasi Toyota Indonesia mengadakan giveaway dua unit mobil Toyota Alphard beredar di Facebook.

Berikut narasi yang dibagikan:

Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Kami akan memberikan secara acak kepada 2 orang di facebook mobil Toyota Alphard merek baru 2022 yang berhasil mengetik (MERDEKA) sebelum tanggal 17 Agustus.

Narasi itu disertai sebuah foto yang memperlihatkan dua unit mobil Toyota Alphard berwarna hitam dan putih.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, tidak benar Toyota Indonesia secara resmi mengadakan giveway dua unit mobil Toyota Alphard dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI.

Informasi giveaway itu tidak ditemukan di akun media sosial resmi yang dimiliki Toyota Indonesia. Adapun foto yang disertakan dalam narasi itu diambil dari situs Wikimedia.

Toyota Indonesia tidak pernah mengadakan giveaway dua mobil Alphard dalam rangka HUT ke-77 RI. Selain itu, Toyota juga minta masyarakat berhati-hati.

Berita terkait