Kajati Sulteng Bergeser, Siapa Agus Salim Ini…?

banner 728x90

JAKARTA – Sejak semalam, 11 Agustus 2022 beredar TR pergantian kepala kejaksaan tinggi di Provinsi Sulawesi Tengah. Jacob Hendrik Pattipeilohy diganti. Penggantinya adalah mantan Direktur Penuntutan di Jaksa Agung Muda bidang Penuntutan Pidana Militer Kejagung. Siapa namanya?

Sebelumnya, Jacob bertugas di Palu diperkirakan tak sampai dua tahun. Ia sukses menyelesaikan kantor Kejati Sulteng bak hotel bintang lima. Kantor termegah di Sulteng pasca bencana alam 28 September 2018. Tak tanggung – tanggung hampir Rp 170 miliar untuk bangun kantor di Jalan Sam Ratulangi itu.

Baca Juga

Insiden pengusiran sejumlah jurnalis terjadi saat acara Hari Ulang Tahun Adhiyaksa. Seorang pejabat intelejen Kejati mengusir wartawan yang justru ingin menyebarluaskan HUT Adhiyaksa. Protes berlangsung sejumlah media. Organisasi wartawan bahkan perusahaan media online dan cyber protes. Jacob pun rela minta maaf.

Lantas siapa penggantinya Agus Salim? Ia akan menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng dengan beberapa tugas dan agenda yang belum selesai.

Tugas Agus Salim yaitu mewujudkan Inpres Satgas Percepatan Investasi di Indonesia yang melibatkan kejaksaan. Sulteng kini menempati tiga besar investasi secara nasional hingga Juli 2022. Yaitu sebesar Rp30,02 triliun.

Kejati Sulteng juga mesti mengawal dengan seksama dan hati – hati surat Kejagung RI tertanggal 14 Pebruari 2022 terkait dengan pendapat hukum atau Legal Opinion (LO) untuk perusahaan perusahaan pertambangan. Demikian juga dengan maraknya gugatan TUN terkait sejumlah IUP yang backdate. Kepemimpinan Agus Salim akan banyak diharapkan masyarakat Sulteng.

Sejumlah pihak di Jakarta berharap Kajati pasca Hendrik akan lebih baik dan tegas menegakkan hukum. ‘’Pak Hendrik banyak prestasi baik sampai mengawa gedung Kejati selesai. Harapannya Pak Agus akan lebih baik dan mengukir prestasi baik,’’ tandas tok seniormuda Sulteng di Jakarta, Noor. ***

editor : andono wibisonooh

Berita terkait