4 Tahun Bencana Alam Pasigala Dirangkai Bulan Gemar Membaca

SULTENG – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Ketua TP.PKK Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, M.Si, Kepala Perpustakaan Nasional Dr. Moh, Syarif Bundo, Kepala Arsip Nasional Prof, Dr. Imam Gunarto menghadiri acara puncak Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan serta empat tahun bencana alam Pasigala di kantor Dinas  Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jalan Banteng , Rabu , 28 September 2022. Kegiatan itu diikuti Rieke Diah Pitaloka selalu Duta Arsip Nasional secara online.

Sulteng memiliki peradaban dan sejarah mempertahankan tanah air. Mulai pra kemerdekaan yaitu era pemberontakan para pahlawan diikuti para raja yang menolak kolonialisme. Dokumen – dokumen itu perlu diarsipkan sebagai bukti sejarah.

Baca Juga

Rieke menyampaikan Sulteng adalah wilayah kaya SDA, daerah pertanian, perkebunan, pariwisata serta kepemimpinan yang kuat adalah modal besar untuk maju.

Kepala Dinas Parawisata I Nyaman Suryadijaya, menyebut bahwa Kegiatan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan dilaksanaan melalui Dukungan Badan Perpustakaan Nasional dan beberapa Sponsorship dan tidak didanai melalui APBD. Kegiatan dilaksanakan sebagai dukungan Kebijakan dan himbauan gubernur agar Badan Perpustakaan dapat dicintai masyarakat dan Cinta membaca.

Kegiatan Gemar Membaca dan Hari  Kunjung Perpustakaan dilaksanakan dengan 40 Kegiatan Pendukung untuk menumbuhkan Kecintaan Masyarakat Untuk Membaca Buku.

Sementara Kepala Perpustakaan Nasional RI Moh. Syarif Bundo menyampaikan Sulteng patut bersyukur bahwa gubernurnya Cinta dan Suka  Membaca buku sehingga komitmen Gubernur untuk mendukung Program Perpustakaan sangat kuat.

Kepala Perpustakaan Menyampaikan Sulawesi Tengah Adalah daerah yang Kaya Raya saat ini lirik oleh Dunia melalui Potensi Tambangnya , Nikel dan Bahan Litium  Batrei  dengan ada rencana Pengalihan Energi Terbarukan dari Penggunaan BBM ke Listrik.
Dan Sulawesi Tengah Memiliki Potensi Pertanian yang besar dengan ditetapkannya sebagai Daerah Penyangga Pangan Nasional untuk itu diminta Kepada Perpustakaan agar menyiapkan Buku Buku Terapan dibidang Pertanian sebagai bahan bacaan masyarakat untuk mengembangkan Potensi Pertanian.
Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Menyampaikan ucapanan Terimakasih Kepada Kepala Dinas Perpustakaan Tampa Anggaran Melalui APBD bisa menyelenggaran Kegiatan Sebesar ini , Saya Tidak Salah Mengembalikan Pak Nyoman Suriadijaya sebagai Kepala Dinas Perpustakaan saya melihat Pak Nyoman Bisa Menghidupkan Minat Baca Masyarakat.
Selanjutnya Gubernur Berterimakasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional dan Kepala Arsip Nasional yang sudah datang secara langsung untuk memberikan dukungan pada Kegiatan ini.
Selanjutnya Gubernur mengucapkan terimakasih Kepada Ibu Dr. Rieke Diah Pitaloka yang sudah dapat hadir secara On Line dan Memberikan Motivasi kepada semua pihak untuk pentingnya Pengelolaan Arsip dengan baik dan pentingnya Cinta dan Gemar Membaca.
Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa Tujuan Dan Sasaran Kinerja Perpustakaan Dan Kearsipan Di Sulawesi Tengah Belum Mencapai Target Seperti Yang Diharapkan, Dikarenakan Oleh Indeks Pelayanan Publik, Indeks Standar Kepatuhan Terhadap Pelayanan Publik Serta Indeks Kepuasan Masyarakat Masih Sangat Rendah.
Namun Gubernur Mengapresiasi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah Atas Pelaksanaan Ide-Ide Kegiatan Dan Program-Program yang Inovatif. ***

Reporter: Andono Wibisono

Berita terkait