Kunjungi Korban Banjir Gumbasa, Berikut Pesan Mensos

  • Whatsapp
banner 728x90

Sulteng,- Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili PJ. Sekdaprov DR. Rudi Dewanto, Anggota DPR RI, Matindas Rumambi, Wakil Ketua DPRD Provinsi H. Muharram Nurdin, Bupati Sigi Irwan Lapata, Kepala Dinas Sosial, Siti Hasbiah Zaenong, Unsur Forkopimda serta pejabat terkait lainnya menerima kunjungan kerja Menteri Sosial Tri Rismaharini bertempat di Bandara Sis-AlDjufri Palu, Selasa 7 September 2022.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Karo Umum : Wiwiek Widiyanti, Plt. Dirjen Linjamsos : Robben Rico, Direktur PSKBA : Iyan Kusmadiana dan 5 orang Staf Mensos lainnya.

Rombongan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini selanjutnya melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi dalam rangka meninjau lokasi banjir di Desa Pakuli Utara Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi.

Kunjungan pertama di Jembatan Gumbasa yang putus akibat terjangan banjir.

Rombongan Menteri Sosial selanjutnya menuju ke lokasi pengungsian di Desa Pakuli Utara tepatnya di Halaman Masjid Al-Azhar dengan mengendarai kendaraan roda dua.

Rombongan juga menuju ke lokasi pusat banjir di sungai gumbasa, pasar pakuli utara serta hulu sungai gumbasa.

Di lokasi pengungsian yang dihuni sekitar 300 jiwa Menteri Sosial mengecek dapur umum, tenda pengungsian, lokasi MCK serta memberikan bantuan peralatan tidur, makanan bayi serta bantuan lainnya.

Menteri Sosial juga sempat mewarning Tagana dan PKH yang menurutnya sebagian tidak bekerja maksimal. “Kalau kamu tidak mau kerja buka saja itu rompi,” tegasnya.

Menteri Sosial juga meminta kepada Pj. Sekdaprov dan Bupati Sigi untuk membuat lumbung karena kondisi medan yang memiliki karakteristik berbeda.

“Pengalaman saya, ketika itu ada longsor, syukur mereka masih bisa survive karena punya buffer stok yang bisa dimakan kemudian ada listrik, ada air, karakteristik ini harus kita pelajari bersama,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya
pemerintah perlu menyediakan tempat pengungsian yang aman sehingga bila terjadi hujan, warga sudah berada di lokasi yang aman.

Pada kesempatan itu Menteri Sosial secara simbolis menyerahkan paket bantuan senilai :

  1. Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sigi Rp. 270.143.600
  2. Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sigi berupa bantuan penanggulangan bencana dan lumbung sosial Rp. 608.150.600
  3. Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di kota Palu Rp. 259.261.200

Usai meninjau lokasi banjir di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi, rombongan Menteri Sosial menuju Balai Sosial Nupotowe serta kunjungan ke pusat kerajinan batik Bomba dan kayu hitam.

Siang menjelang sore, rombongan Menteri Sosial kembali ke Jakarta dengan pesawat melewati vip room bandar udara Sis-AlDjufri diantar PJ. Sekdaprov Kepala Dinas Sosial, unsur Forkopimda serta pejabat terkait lainnya. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Berita terkait