Duet Anies-RK Paling Disukai di Survei IPS, NasDem Serahkan ke Anies

Foto: Ahmad M. Ali (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Jakarta,- Responden lembaga survei Indonesia Polling Station (IPS) lebih menyukai Anies Baswedan berpasangan dengan Ridwan Kamil daripada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). NasDem menyerahkan soal cawapres ke Anies.

“Jadi kalau kita bicara soal wapres (wakil presiden) sekali lagi NasDem sudah memberikan mandat itu kepada Pak Anies untuk mencari (calon) wakil presiden atau memilih (calon) wakil presiden,” ujar Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga

Ahmad Ali juga menjelaskan bahwa NasDem ogah menanggapi survei tersebut secara personel. Baginya, hasil survei hanya dijadikan referensi, bukan patokan keputusan partai.

“NasDem selalu melihat bahwa laporan lembaga survei itu hanya menjadi referensi bagi partai untuk mengambil keputusan untuk mengetahui apa kehendak masyarakat tapi tidak menempatkan hasil survei itu sebagai satu-satunya indikator yang digunakan untuk mengambil keputusan partai,” katanya.

Survei IPS

Lembaga survei IPS melakukan simulasi atas capres Anies Baswedan berpasangan dengan calon wakil presiden (cawapres) AHY, Khofifah Indar Parawansa, Salim Segaf Al-Jufri, dan Ridwan Kamil. Para responden pun ditanyakan apakah suka atau tidak suka jika Anies dipasangkan dengan para tokoh tersebut.

Berikut ini hasil simulasinya:

Anies Baswedan-AHY

Suka: 49,5%

Kurang Suka: 31,5%

TT/TJ: 19%

Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa

Suka: 22,4%

Kurang Suka: 51,4%

TT/TJ: 26,2%

Anies Baswedan-Salim Segaf Al-Jufri

Suka: 14,8%

Kurang Suka: 46,2%

TT/TJ: 39%

Anies Baswedan-Ridwan Kamil

Suka: 59,4%

Kurang Suka: 23,95

TT/TJ: 16,7%

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto menjelaskan temuan tersebut. Dia mengatakan pasangan Anies-AHY memang yang paling realistis, namun pasangan Anies-RK yang paling ideal menurut para responden.

“Kalau Anies-AHY merupakan pasangan yang paling realistis diusung oleh koalisi NasDem-PKS-Demokrat, maka Anies-RK sebagai yang paling ideal namun tak realistis karena keduanya tak mewakili satu partai pun dalam koalisi,” kata Alfin saat memaparkan survei, Rabu (19/10/2022). ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait