Erick Thohir Dinilai Bisa Muluskan Jalan Ganjar Menuju Pilpres 2024

  • Whatsapp
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Jokowi di Batang
banner 728x90

JAKARTA,- Ray Rangkuti selaku Pengamat Politik, menilai Menteri BUMN RI Erick Thohir dapat memuluskan jalan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI selanjutnya.

Pasalnya, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini disebut punya bekal komplit sebagai cawapres di pilpres 2024 nanti.

“Erick ini termasuk cawapres potensial yang memiliki bekal komplit dan bisa berpasangan dengan capres mana pun termasuk Ganjar,” tutur Ray kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Pendiri Lingkar Madani Indonesia (LIMA) ini menjelaskan Erick memiliki elektabilitas, kekuatan logistik, berpengalaman dalam memimpin dan orang dekat dari Presiden Jokowi maupun para petinggi partai politik di Indonesia.

Dalam hal elektabilitas, Erick dikatakan memiliki tren yang terus meningkat.

Bahkan dalam beberapa bulan, Ray mencatat elektabilitas Erick meningkat sebanyak 10 persen sebagai cawapres.

Hal ini, dikatakan Ray, juga berkat kepiawaiannya dalam memimpin dan banyak menorehkan prestasi sehingga masyarakat tidak menampik jika Erick disodorkan sebagai cawapres.

“Karena berprestasi masyarakat banyak yang menerima. Pak Erick Thohir juga membawa bekal elektabilitas, ia bisa menopang elektabilitas dari pasangannya di pilpres nanti,” terang Ray.

Hubungan dekat jiga dimiliki oleh Erick dengan para petinggi partai. Dalam beberapa bulan terakhir, Eks Presiden Inter Milan ini bahkan terlihat bersama ketua parpol, di antaranya adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Tidak lupa juga, Erick juga disebut sebagai rising star pemimpin Indonesia oleh Ketum NasDem Surya Paloh.

“Di samping itu, ia juga memiliki hubungan dekat dengan King Maker Istana yakni Presiden Jokowi. Bahkan tidak berlebihan jika Erick Thohir disebut sebagai menteri terbaik dan kepercayaan orang nomor satu di Indonesia tersebut melihat kiprahnya di pemerintahan,” kata dia.

Terbaru, Erick Thohir membuat FIFA tidak memberikan sanksi kepada Indonesia sebagai delegasi negara atas penugasan khusus Presiden Jokowi.

Terakhir, mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf 2019 memiliki kekuatan finansial yang dibutuhkan untuk mengarungi Pilpres 2024.

Sebagai pengusaha, Erick disebut memiliki gurita bisnis di bidang olah raga dan media. Baik di level nasional bahkan internasional.

“Selain elektabilitasnya kuat, Pak Erick Thohir juga kuat dalam hal finansial. Ini penting untuk dimiliki agar bisa bertarung di pilpres hingga akhir,” pungkas Ray.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP, Ganjar Pranowo menyatakan siap maju dalam Pilpres 2024.

“Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang kita tidak siap?” kata Ganjar dalam salah satu wawancara dengan televisi swasta, dilihat Selasa (18/10/2022).

Ganjar kemudian mengatakan bahwa partai politiklah yang akan memutuskan dan mendeklarasikan capres pilihan mereka.

Namun, Ganjar tidak menyebut spesifik PDIP yang notabenenya Ganjar adalah kader partai itu.

“Saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya,” pungkas Ganjar seraya tertawa.

Diketahui, PDIP sampai saat ini belum mendeklarasikan siapa capres pilihan mereka.

Sejumlah kader PDIP masih menyatakan kekompakan mereka  mendukung Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024.

Bahkan, fraksi PDIP di DPR RI membentuk semacam tim bernama Dewan Kolonel untuk terus mendorong Puan maju di Pilpres 2024.

Adapun Puan kini tengah menjalani tugas partai untuk menemui para ketum parpol untuk mengomunikasikan pelbagai hal terkait koalisi di Pemilu 2024.

Di saat yang bersamaan, Ganjar Pranowo terus mendapatkan dukungan dari kader-kader partai yang justru di luar PDIP, di antaranya kader PPP dan PAN yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar. ***

Editor/Sumber: Rizky/tribunnews

Berita terkait