Pilpres 2024: AHY Siap Cawapres, SP Serahkan ke Anies, PKS Gimana?

  • Whatsapp
AHY dan Surya Paloh. ©2022 Merdeka.com
banner 728x90

Jakarta,– Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan bahwa dirinya sudah siap untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

Namun, Ketum Partai NasDem Surya Paloh justru menyerahkan semuanya kepada capres yang diusungnya, Anies Baswedan.

Kesiapan AHY itu disampaikan setelah usai bertemu dengan Surya Paloh di Wisma Nusantara, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (26/10).

AHY memastikan dirinya siap menjalani tugas dalam keadaan apapun dan di manapun.

“Ya kami pribadi terus mempersiapkan diri, apapun tugas yang harus kami jalankan pada saatnya, apapun itu, di manapun itu harus siap,” kata AHY.

Meski begitu, AHY mengakui itu bukan menjadi fokus utamanya. Dia mengatakan saat ini Demokrat masih terus fokus memantapkan bakal poros koalisi bersama NasDem dan PKS.

“Yang jelas sekarang kita fokus dulu saja bagaimana partai-partai kami bertiga ini, NasDem, Demokrat, PKS, bisa semakin menyatu dalam arti tadi pikirannya, pandangannya,” ujarnya.

AHY mengatakan dirinya berprasangka baik soal kecocokan dengan kriteria cawapres yang dikehendaki Anies. Dia memastikan terus berikhtiar dan mempersiapkan diri.

“Ya kalau saya hanya ingin berprasangka baik, berprasangka baik terhadap apa yang terus kita ikhtiarkan, sambil terus mempersiapkan diri dan semua itu kan takdir,” ujarnya.

“Kita hanya bisa mempersiapkan diri dan menjemput takdir kita seperti apa, yang jelas kita sepakat di sini utk Indonesia lebih baik, lebih sejahtera masyarakatnya, kita harus kompak dulu, harus solid. Dari situlah kita bisa menghadirkan solusi-solusi yang penting untuk negara kita,” katanya.

Surya Paloh Serahkan ke Anies
Surya Paloh pun merespons kesiapan AHY menjadi cawapres di 2024. Dia mengatakan AHY memang masuk nominasi sebagai cawapres pendamping Anies Baswedan.

“Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek, yang memungkinkan hingga pasangan Pak Anies-nya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres,” kata Paloh usai menggelar pertemuan dengan AHY di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10).

Namun demikian, Surya Paloh menyebut perihal kecocokan, Anies Baswedan yang bisa memutuskan. Dia pun bakal merestui apapun yang terbaik.

“Nah yang bisa jawab hanya Pak Anies. Sudah saya serahkan kepada Pak Anies,” kata dia.

“Kalau saya orang tua ini apa. Kalau baik-baik pasti saya restui,” sambungnya.

Lebih jauh, Surya Paloh menyebut ketiga parpol masih mempertimbangkan soal momen deklarasi koalisi. Soal penentuan cawapres, Paloh mengatakan masih belum ditetapkan.

“Waktunya kapan untuk deklarasinya, hari cari baik bulan baik,” katanya.

“Cawapres belum,” imbuhnya. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait