Roa E-store Perkenalkan Produk Kelapa ke Pelajar di Gelaran FDP

  • Whatsapp
banner 728x90

Tentena,- Roa E-store yang ikut hadir berpartisipasi dalam mengisi tenant di Festival Danau Poso (FDP), pada 20-22 Oktober 2022, selain memasarkan berbagai jenis produk, juga memberikan edukasi kepada pengunjung dan pelajar terkait produk kelapa dan turunannya.

Rizal, Lead Marketing Roa estore mengatakan kelapa merupakan tanaman perkebunan yang banyak tumbuh dan berkembang di Sulawesi Tengah dan memiliki sejarah perdagangan yang maju di masa lalu hingga sekarang.

“Wilayah kabupaten dan Kota di Sulteng semuanya memiliki pohon kelapa bahkan secara umum di Kepulauan Sulawesi dan sekarang produk kelapa tidak dikenal hanya menghasilkan minyak kelapa goreng saja akan tetapi sudah memiliki produk turunan yang cukup banyak”Ujarnya, Sabtu (22/10/2022) di area Pobalu FDP.

Ia menyebutkan produk turunan bisa berupa virgin oil coconut (VOC), coco Fiber, coco peat, arang tempurung, briket arang, ampas kelapa untuk pakan ternak, sabun dan piring dari lidi kelapa, asap cair, gula merah serta kecap dari air kelapa.

Pada kesempatan yang sama dijelaskan kepada kelompok pelajar yang berkunjung di tenant bahwa proses produksi dengan melakukan panen kelapa hingga proses pengolahan kelapa menjadi produk olahan hingga proses memasarkan.

“Produksi kelapa ini melibatkan kelompok UMKM Kaluku Belo dari Desa Tanjung Padang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan produk ini juga telah dipasarkan ke beberapa daerah semisal Kota Palu, Kabupaten Morowali, Sumatera dan Jawa” ungkapnya.

Terkait harga bervariasi untuk setiap produk, sebut saja untuk minyak goreng kelapa dibanderol dengan harga Rp.40.000, per1.000 ml, Rp.30.000 per600 ml sementara untuk VCO Rp.30.000 per250 ml.

“Produk kelapa merupakan produk organik dan ramah lingkungan, namun ancaman terhadap kelapa juga tinggi seiring alih fungsi lahan, olehnya perlu juga kita melindungi perkebunan kelapa yang banyak ditanami oleh masyarakat di Sulteng”pinta Rizal. ***

Berita terkait