Rusia Keok di Lyman, Putin Pecat Komandan Perang di Ukraina

  • Whatsapp
Kekalahan terbaru pasukan Rusia di Ukraina semakin memperbanyak kritik pejabat Negeri Beruang Merah terhadap strategi invasi Presiden Putin. (Foto: AFP/MIKHAIL METZEL)
banner 728x90


Jakarta,-
Presiden Rusia Vladimir Putin memecat komandan di distrik militer Barat Rusia menyusul kekalahan pasukan di Lyman Ukraina, kota kunci Donetsk dan beberapa wilayah di Kherson pada akhir pekan lalu.

Kekalahan terbaru pasukan Rusia semakin memperbanyak kritik pejabat Negeri Beruang Merah terhadap strategi invasi Putin. Wakil Ketua Parlemen Duma sekaligus eks jenderal Rusia bahkan kehabisan kata-kata menanggapi kekalahan pasukan di Lyman.

Media RBC mengatakan komandan yang dipecat Putin itu bernama Kolonel Jenderal Alexander Zhuravlyov dan akan digantikan oleh Letnan Jenderal Roman Berdnikov. Hingga kini tidak ada konfirmasi resmi dari Kremlin tentang pemecatan tersebut

Distrik militer barat Rusia adalah salah satu dari lima distrik yang dibentuk militer negara tersebut.

Pemecatan Zhuravlyov dikabarkan dilakukan menyusul kerugian dramatis Rusia di timur laut Ukraina bulan lalu terutama setelah kehilangan Lyman. Pasukan Rusia telah lama menjadikan kota kunci itu pusat logistik penting di wilayah Donetsk.

Donetsk sendiri merupakan salah satu dari empat wilayah di timur Ukraina yang dicaplok Rusia.

Dikutip Reuters, Selain Zhuravlyov, Putin juga memecat wakil Menteri Pertahanan yang bertanggung jawab atas logistik pasukan Rusia, Jenderal Dmitry Bulgakov. ***

Editor/Sumber: Rizky/cnn indonesia

Berita terkait