TERKINI ! Hanya Satu Gubernur dan Satu Mantan Terlihat di B20 Bali, Eng Ing Eng….Siapa Itu

  • Whatsapp
banner 728x90

BALI – G20 memiliki magnet pada 275 juta manusia Indonesia. Menikmati selayar demi selayar berita di kaca telpon tangan. Pagi ini, Senin 14 Nopember 2022 ramai diperbicangkan kehadiran pejabat daerah dan mantan gubernur di forum internasional B20 Summit Indonesia, Nusa Dua Bali (Minggu,13/11/2022).

Siapa pejabat daerah? Namanya mulai menasional. Gayanya di forum dan pidato berapi-api, cara berfikirnya out of the box. Baru menjelang dua tahun provinsi yang dipimpinnya mengukir sejumlah prestasi. Adalah Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura. Sulteng kini jadi incaran dan pusat perhatian dunia. SDA potensi emas, tambang biji nikel, gas bumi, biji besi, paladium, pertanian, peternakan dan perikanan. Provinsi surga di tengah Sulawesi.

Satunya lagi kemarin nampak terlihat mantan Gubernur DKI, Anies Baswedan. Ia diundang khusus di forum G20 dan berbicara soal ke Indonesiaan. Banyak mengundang decak kagum, sorotan dan bahkan bakal calon presiden Partai NasDem juga dibuli karena meninggalkan Silatnas HMI tapi hadir di Bali rentetan acara G20. Padahal Anies sudah mengirim permintaan maaf lewat video.

Senin pagi ini dua nama itu disebut mantan jurnalis Bisnis Indonesia, Noor Korompot sebagai tokoh daerah yang menasional. Satu dari Indonesia Timur dan satu mantan gubernur. ‘’Anies mesti disebut mantan untuk menjaga penjabat gubernur DKI sekarang,’’ tulisnya dalam grup WathApp Tuaka untuk Negeri.

Sebelumnya, gubernur Sulteng hadir di acara PT Bakrie and Brothers Tbk tiba-tiba di forum Head of Agreement atau HoA di Bali Nusa Dua Convention Center Minggu 13 Nopember 2022.

Bakrie & Brother Tbk ternyata melakukan HoA dengan Envisions Group. Siapa perusahaan ini? Dalam laman google diterjemahkan bebas bahwa Envisions adalah perusahaan China bergerak di turbin angin dan perangkat lunak manajemen energi. Sebelumnya, di Kota Malang, Envisions ini tertarik investasi September lalu.

Kehadiran Gubernur Rusdy Mastura terkait dengan hal itu juga B20 Summit Indonesia yang bagian integral dari KTT G20 di Bali tak lama lagi. Hadir juga Menteri Investasi Dan BKPM Bahlil Lahadalia.

Kepada pers, gubernur mengaku bangga dan terhormat dapat menyaksikan HoA antara Bakrie grup dan Envisions group. Kehadiran Sulteng satu-satunya provinsi yang diundang di B20 tak lain karena Sulteng telah menjadi bagian perhatian dunia ekonomi, perubahan manajemen energi dunia dan potensinya, sebut Cudi, sapaan akrab sang gubernur.

Sejumlah pejabat eselon II mendampingi gubernur. Kadis ESDM dan Kepala Biro Adpim Setdaprov. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait