Gubernur Sulteng Lobi Prabowo, Ini Hasil Pembicaraan Keduanya

  • Whatsapp

JAKARTA – Suasana politik nasional eskalasi turun naik jelang Pemilu 2024. Termasuk Pilpres dan Pileg serta Pilkada serentak tahun itu. Nama Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan ini adalah salah satu surveynya tertinggi calon presiden. Selain ada nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Rabu, 7 Desember 2022 Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mendatangi Prabowo. Keduanya berbicara empat mata. Beredar foto foto ke WhatsApp grup keduanya berbicara berdua, foto berdua dan nampak Prabowo menulis sesuatu pada buku dan di depannya Rusdy Mastura. Beredar pula foto bertiga gubernur didampingi salah satu Tenaga Ahli Gubernur Ridha Saleh.

Lantas apa yang dibicarakan keduanya? Dukungan politikkah? Atau lobi politik? Diketahui, Cudi, sapaan akrab Gubernur Sulteng itu adalah salah satu Dewan Pertimbangan Partai NasDem Sulteng. Dan Prabowo sendiri adalah Capres dan Ketua Umum dan Pembina Partai Gerindra.

Terbongkar, pertemuan keduanya adalah upaya lobi intensif Cudi ke Prabowo terkait sejumlah hal. Diantaranya adalah; dukungan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI atas Kabupaten Poso yang lebih besar untuk makin menyiapkan daerah pasca konflik kemanusiaan sebagai kabupaten unggulan pertanian, perikanan dan pariwisata.

Kedua; Cudi, meminta Prabowo mendukung Kawasan Pangan Nasional secara konkrit dengan intervensi program pertanian, perkebunan dan sumber daya manusia. Ketiga; percepatan pembangunan Sulteng yang saat ini usulan Keppres telah di tingkat pemerintah pusat (istana).

Apa reaksi Prabowo? ‘’Percepatan pembangunan Sulteng dengan Keppres akan kami dukung sebagai upaya penyiapan penyangga ibukota negara baru. Usulan itu sangat brilian. Kemenhan akan turut memberikan dukungan dan apresiasi,’’ tutur Prabowo.

Pun demikian dengan KPN, pengembangan Kabupaten Poso dan penyiapan pembangunan lainnya. Akan diprioritaskan dukungan Kemenhan 2023. ‘’Sulteng tidak asing bagi saya. Kami pasti akan membantu,’’ tandas Menhan RI. ***

Editor : andono wibisono

Berita terkait