Gubernur Sulteng Raih Prestasi Akuntabilitas Kinerja 2022 dari Menteri PANRB

  • Whatsapp

JAKARTA – Tahun 2022 menjadi tahun prestasi Provinsi Sulawesi Tengah. Menjadi runner up provinsi pelayanan investasi hingga capai Rp71 triliun, pertumbuhan ekonomi di atas 11 persen Beppenas dan kembali naik peringkat BB dari B akuntabilitas kinerja versi Menteri PANRB dari sebelumnya selama tujuh tahun hanya peringkat B.

Penghargaan itu diterima Gubernur Sulteng Rusdy Mastura AIPO di Jakarta 6 Desember di Hotel Bidakara Jakarta. Peningkatan Predikat SAKIP merupakan bukti komitmen kinerja OPD, melalui   Indikator yang dinilai.

SAKIP Pemprov Sulteng selama kurun tujuh tahun berada pada Predikat B. Setahun kepemimpinan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir meningkatkan predikat SAKIP Menjadi Predikat BB.

Peningkatan predikat SAKIP tersebut merupakan upaya dan daya OPD meningkatkan kinerja dan pencapaian hasil dari indikator penilaian yang ditetapkan pemerintah pusat. Indikatornya adalah; Perencanaan kinerja  dengan bobot 30 persen, pengukuran  kinerja 30 persen, pelaporan kinerja 15 persen, dan evaluasi 25 persen.

Penghargaan akuntabilitas kinerja tahun 2022 dari Kementerian PANRB mengangkat tema “Peningkatan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi menuju birokrasi berkelas dunia.
Diantara upaya tersebut adalah pencanangan reformasi birokrasi tematik yang berfokus pada penanggulangan kemiskinan, penanggulangan investasi, digitalisasi birokrasi dan akselerasi prioritas program presiden.
Pada aspek pelayanan publik upaya inovatif berupa pemangkasan proses bisnis melalui percepatan mal pelayanan publik (MPP) dan MPP digital seluruh Indonesia juga sudah mulai dilakukan, inovasi pelayanan publik mulai dikompetisikan untuk melahirkan budaya inovasi di semua Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah

Gubernur menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada semua OPD terkait yang bekerja serta melaksanakan komitmen  untuk meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut gubernur menekankan agar para pimpinan OPD serta seluruh ASN agar meningkatkan serta mengembangkan semangat sehingga peringkat provinsi Sulawesi Tengah pada tahun mendatang meningkat menjadi  kategori A.

Turut mendampingi gubernur, Kepala Bappeda Sulteng DR. Ir. Cristina Shandra Tobondo, MT, Kepala Dinas DPMPTSP, Moh. Rifani S.Sos, M.Si, Kepala Biro Organisasi, Drs. A. Kamal Lembah, SH, M.Si. ***

editor : rizki rinaldi

Berita terkait