Pemkot Palu beri bantuan Pada korban kebakaran Pasar Masomba

Pedagang melihat puing-puing lapak mereka yang rusak akibat kebakaran melanda Pasar Masomba Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (1/12/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Palu,- Pemerintah Kota Palu (Pemkot), Sulawesi Tengah memberikan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban yang terdampak kebakaran di Pasar Masomba.

“Kami siapkan 136 paket makanan siap saji untuk sekitar 50 jiwa korban kebakaran,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kota Palu Walawati di Palu, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga

Dia juga menjelaskan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga terdampak karena musibah seperti ini tidak dapat diprediksi.

Meskipun logistik hanya makanan siap saji, katanya, paling tidak bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makan, sekaligus meringankan beban pemenuhan kebutuhan mereka.

“Makanan siap saji dikirim melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk makan siang warga terdampak kebakaran,” ujar dia.

Polisi ikut membantu menangani puing-puing lapak yang rusak akibat kebakaran melanda Pasar Masomba Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (1/12/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Saat ini, pihaknya masih sebatas menyalurkan bantuan yang bersifat mendesak, terutama logistik, karena bahan makanan dibutuhkan mereka dalam situasi darurat.

“Belum ada bantuan lain. Kami masih memprioritaskan bahan makanan, sebab di situasi seperti ini orang pasti butuh makan,” kata dia.

Kebakaran Pasar Masomba Kecamatan Palu Selatan terjadi pada Rabu (30/11) malam, sekitar pukul 21.30 Wita. Pasar Masomba sebagai pasar tradisional terbesar kedua di Palu, setelah Pasar Manonda di Kecamatan Palu Barat.

Dalam peristiwa itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan setempat mengerahkan empat armada pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Menurut catatan Pemkot Palu, Pasar Masomba hingga saat ini sudah tiga kali terbakar. Kebakaran sebelumnya terjadi dua kali pada Agustus 2017. ***

Editor/Sumber: Rizky/antara

Berita terkait