Diprediksi Sekdaprov Sulteng Novalina Akan Dilantik, Tapi..

  • Whatsapp

SULTENG,- Dua hari dilalui di tahun 2023. Hingga kini belum ada kabar kepastian polemik Keppres Nomer 146/TPA/2022 tentang pengangkatan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Novalina tertanggal 1 Desember 2022 lalu.

Apa hasil pertemuan Gubernur Rusdy Mastura dengan Sekretaris Negara Pratikno? Dan apa hasil pertemuan dengan Mendagri Tito Karnavian? Beberapa sumber di Pemprov enggan memberikan keterangan resmi. ‘’Akan disampaikan gubernur langsung,’’ ujar pejabat di Biro Adpim Setdaprov Sulteng kepada media.

Tetapi, sumber lain di Palu Senin 2 Januari 2023 mengatakan bahwa akan ada permakluman demi menjaga marwah kepresidenan dan marwah pemerintah daerah. ‘’Mesti dijaga marwah pemerintahan. Saya prediksi akan dilantik tapi akan ada promosi setelahnya,’’ ujar sumber menerka.

Pasti, Mendagri Tito Karnavian memahami psikologis Gubernur Rusdy Mastura sebagai PPK yang telah mengusulkan. Di sisi lain, telah ada SK presiden. ‘’Di atas kebijakan (putusan) ada kebijaksanaan. Nah saya yakin ada titik temu dalam kebijaksanaan. Pasti didahului permufakatan Mendagri dan gubernur. Suasana batin itulah yang terjadi,’’ tandas sumber serius.

Tapi, lanjutnya, Gubernur Cudi, sapaan gubernur Rusdy Mastura adalah politisi yang kokoh akan sikap dan putusan. Tapi juga sangat toleran dan dekokratis. ‘’Bisa saja pelantikan adalah menggugurkan kewajiban. Bisa saja semuanyalah,’’ tutupnya tertawa. ***

editor : hidayat

Berita terkait