Jusuf Kalla Ajak Tiga Gubernur di Sulawesi Ambil Lahan PT Vale

  • Whatsapp
Foto: inilah luasan lahan PT Vale 118,017 ha di tiga provinsi di Pulau Sulawesi. (Ist/kailipost.com)
banner 728x90

MAKASSAR – Wakil Presiden dua periode, Moh Jusuf Kalla mengajak tiga gubernur di Pulau Sulawesi mengambil alih lahan PT Vale 118,077 hektar setelah izinya berakhir. Ketiga gubernur itu adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulawesi Tenggara dan Gubernur Sulawesi Tengah. Pernyataan itu dikatakan Jusuf Kalla di Makassar Senin 30 Januari 2023 saat acara silahturahim dari Pengusaha ke Pengusaha untuk Masa Depan.

Luas lokasi tambang nikel eks INCO dan berubah menjadi PT Vale itu ada di tiga provinsi di Sulawesi. Yaitu di Provinsi Sulawesi Selatan seluas 70,566 hektar, di Provinsi Sulawesi Tengah 22,699 hektar dan di Sulawesi Tenggara 24,752 hektar.

Sebelumnya, akhir 2022 ketiga gubernur di depan DPR RI menolak usulan perpanjangan WIUP PT Vale. Karena perusahaan tersebut selama ini tidak memiliki kontrobusi optimal ke daerah. Hanya membayar sewa lahan saja. Sontak pernyataan ketiga gubernur banyak mengundang pendapat. Terakhir, JK pun setuju bila lahan 118,077 hektar dikelola pengusaha daerah untuk kepentingan daerah.

Alasan lainnya, JK menyebut bahwa pengelolaan sumber daya alam oleh lokal untuk memudahkan mitigasi. Konflik akses sumber daya alam dapat diminimalisir di daerah dan nasional. Kepala PMI mencontohkan Morowali Utara. ***

sumber/editor : Riky/newsurban.id

Berita terkait