Ketua MPR dan Menko Polhukam serta Gubernur Sulteng Bahas Rusuh Buruh PT GNI

JAKARTA,- Di kediaman Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Mahfud MD Kamis pagi 19 Januari 2023 dibahas rusuh buruh yang menewaskan dua pekerja PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Desa Bunta Kecamatan Petasia Timur Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah.

Hadir dalam pertemuan itu Ketua MPR RI Bambang Susatyo dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura. Pertemuan tiga pejabat itu membahas kronologis dan akar masalah sebenarnya.

Baca Juga

Gubernur menjelaskan bahwa sesuai dengan data dan fakta yang diterima saat ini GNI telah beroperasi seperti semula. Ia juga meminta Bupati Morut, Kapolres dan Muspida mencari dan mengurai akar masalah.

Muspida Sulteng, lanjut Cudi, sapaan gubernur, kini sedang bersama-sama melakukan pemetaan masalah di obyek vital strategis nasional tersebut. ‘’GNI dan buruh mesti duduk bersama dan kooperatif. Olehnya, kepada bapak Menko kami berharap mendapat dukungan dan perhatian agar bersama-sama menyelesaikan dan menjaga investasi nasional di daerah kami,’’ pinta gubernur.

Apa kata Mahfud MD? ‘’Terima kasih Pak gub dan jajaran muspida telah bertindak taktis dan strategis. Kita harus memastikan iklim investasi dan perburuhan harmonis. Semua adalah aset negara. Jangan timpang. Kita bersama-sama seperti arahan bapak presiden cek langsung di lapangan dan pastikan selesai,’’ terang Menko Polhukam. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait