Secara Nasional Beras Sulteng Surplus 86.710 ton

  • Whatsapp

Sulteng,- Kementerian Pertanian RI merilis produksi beras di Sulawesi Tengah mengalami surplus 86.710 ton tahun 2022.

Data itu membuat Sulteng berada di urutan ke-9 secara nasional sebagai penyumbang surplus beras nasional.

Setiap tahunnya sendiri rata-rata surplus beras di Sulteng bisa mencapai 90 ribu hingga 100 ribu ton.

Hal ini diungkapkan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura Nelson Metubun, SP, diruangan kerjanya, pada Rabu (11/1).

Menurutnya, capaian itu membuat pihaknya menargetkan menjadi pemasok kebutuhan pangan di IKN mengingat Sulawesi Tengah memiliki jarak yang strategis.

Walau punya potensi besar memasok kebutuhan pangan untuk IKN, tetapi tantangan meningkatkan produktivitas pertanian di Sulteng juga tak kalah besar.

Produktivitas pertanian padi Sulteng tercatat masih rendah, diangka 4,5 sampai 4,8 kuintal per hektare atau di bawah rata-rata nasional 5,2 sampai 5,4 kuintal per hektare. Padahal berdasarkan analisis tanah yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, potensi panen di daerah itu bisa mencapai 8,0 sampai 8,2 kuintal per hektare.

Dari data yang diterbitkan BPS menunjukkan produktivitas produksi beras Sulteng masih fluktuatif. Produksi tahun 2020 misalnya tercatat 475.726 ton, naik di tahun 2021 menjadi 508.940 ton. Jumlah itu turun di tahun 2022 menjadi 450.548 ton.

Untuk mengatasi itu, Ia berjanji pemenuhan alat pertanian, bibit, dan pupuk akan ditingkatkan untuk petani.

“Insya Allah, kami akan tetap fokus menjadikan Sulteng sebagai daerah penyanggah kebutuhan pangan IKN sesuai harapan Bapak Gubernur,”pungkasnya. ***

Sumber: Biro Adm Pimpinan

Berita terkait