Warga Minta IUP Tambang Emas Trio Kencana Beroperasi, Perusahaan Tunggu Apa?

  • Whatsapp

SULTENG,- Tercatat ini kali kedua, tokoh masyarakat Desa Kasimbar dan sekitarnya Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah mendatangi gubernur. Aspirasi kali kedua ini tadi siang Kamis 05 Januari 2023 di kantor gubernur.

Warga meminta PT Trio Kencana yang memiliki izin usaha pertambangan (IUP) emas di wilayah Kasimbar segera beroperasi. Warga berharap dengan beroperasinya pertambangan yang legal, dapat lebih jelas kerjasama dengan pemerintahan desa, dengan masyarakat dan pendapatan daerah.

Wilman Winter, salah satu tokoh masyarakat Kasimbar menyebut bahwa perusahaan Trio Kencana segera beroperasi. Karena bila beroperasi dengan legal maka masyarakat lebih tenang dan jelas. Dapat diajak kerjasama, menyerap tenaga kerja, dan pendapatan ke daerah juga nyata. Ia menyebut pemilik Trio Kencana H Suryanto siap mengganti lahan warga dan hak – hak lainnya.

‘’Ada dua aspirasi. Saya mendukung dan satu menolak. Saat bertemu saya sudah ditekankan agar terus dibangun komunikasi. Ajak yang menolak untuk melihat dari dekat tambang emas di daerah lain yang ramah lingkungan. Jelaskan model pengolahan tambang emas nantinya bagaimana. Sampaikan bahwa proses pengolahan tidak merusak lingkungan dan sawah warga dan seterunya,’’ jelas Gubernur Rusdy Mastura.

Diketahui, akibat rencana pertambangan emas Trio Kencana dan maraknya tambang emas ilegal terjadi demontrasi yang mengakibatkan satu orang meninggal. Insiden ini membuat beberapa polisi diperiksa dan menjadi tersangka. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait