Kerusuhan di Wamena Akibat Isu Penculikan Anak

  • Whatsapp
Foto: Kerusuhan di Wamena (Dok. Istimewa)

Jakarta,- Kerusuhan terjadi di Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan. Kerusuhan tersebut itu dipicu oleh beredarnya isu penculikan anak. Akibat peristiwa tersebut sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia.

Berikut sederet hal yang diketahui sejauh ini terkait berita insiden kerusuhan di Wamena:

Kronologi Kerusuhan di Wamena Serang Aparat Polisi

Dilansir detikSulsel, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan kronologi kerusuhan di Wamena. Kejadian bermula adanya mobil penjual kelontong yang dihentikan dua warga di Sinakma, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, pada Kamis (23/2) pukul 12.30 WIT.

Mobil dihentikan lantaran dicurigai melakukan penculikan anak. Menerima informasi itu, Kapolres Wamena pun menuju tempat kejadian perkara (TKP) untuk bernegosiasi dengan massa dan kemudian meminta permasalahan ini diselesaikan di Polres.

Pada saat negosiasi terjadi di Polres Wamena, lanjut Benny, ada sekelompok massa yang berteriak dan kemudian menyerang anggota polisi. Hal ini lantas memicu adanya perlawanan massa dengan aparat kepolisian.

Kerusuhan di Wamena Buntut Isu Penculikan Anak Foto: (Dok. Istimewa)

“Hal itu kemudian direspons dengan meminta penebalan pasukan dari BKO Brimob dan Kodim. Dari sana kemudian chaos tak bisa dihindarkan lagi,” ujar Benny.

Tak hanya menyerang petugas, massa juga melakukan pembakaran terhadap kios-kios milik warga di Sinakma hingga masyarakat di sekitar pun ketakutan dan berusaha menyelamatkan diri. Saat ini polisi dibantu TNI masih siaga melakukan pengamanan.

Penyebab Kerusuhan di Wamena: Isu Penculikan Anak

Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyebut kerusuhan di Wamena itu diduga dipicu oleh beredarnya isu tentang penculikan anak. Saat ini orang yang diduga menculik anak sudah diamankan di Polres.

“Ini masyarakat juga mencoba masuk ke Polres dengan tuntutan orang yang diduga menculik anak tersebut dikeluarkan. Jadi ada keinginan massa menghakiminya. Hal itu juga malah masyarakat menyerang polisi,” kata Benny, dilansir detikSulsel, Kamis (23/2).

Benny menambahkan pihaknya tengah mendalami informasi tentang penculikan anak tersebut. Pihaknya berharap agar masyarakat bisa menyerahkan kasus ini kepada aparat kepolisian.

“Jadi ini awalnya lantaran masyarakat melihat seorang pria yang berada di dalam sebuah mobil diduga sebagai penculik anak. Nah ini perlu kita buktikan benar atau tidak. Saya juga belum tau jumlah mereka didalam mobil berapa orang. Masih menunggu informasi dari Kapolres,” ujarnya.

Jumlah Korban Kerusuhan di Wamena: 9 Tewas, 6 Terluka

Akibat insiden kerusuhan di Wamena, sejauh ini dilaporkan ada 9 orang tewas. Selain itu, sebanyak 6 orang warga mengalami luka-luka.

“Data terbaru korban meninggal 9 orang. Untuk luka-luka masih 6 orang dan masih dilakukan pendataan,” urai Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dimintai konfirmasi, dilansir detikSulsel, Kamis (23/2).

Benny menambahkan, kericuhan itu juga menyebabkan sejumlah anggota kepolisian mengalami luka-luka. Bahkan satu polisi dilaporkan terkena anak panah.

“Jadi ada 1 anggota kita terkena luka panah dan ada juga yang luka lemparan batu. Nah ini juga sedang kami dalami,” tuturnya. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait