Presiden Ukraina Ingatkan Perang Dunia Terjadi Jika China Dukung Rusia

  • Whatsapp
banner 728x90

Kiev,- Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengingatkan bahwa akan terjadi perang dunia jika China mendukung Rusia dalam perang yang terus berlangsung di Ukraina.

Zelensky mengharapkan Beijing tetap mempertahankan sikap pragmatisnya.

Di kutip dari CNN, Selasa (21/2/2023), peringatan itu disampaikan Zelensky dalam wawancara dengan surat kabar terkemuka Italia Corriere della Sera, yang dipublikasikan Minggu (19/2) waktu setempat.

“Harapan saya adalah bahwa Beijing akan mempertahankan sikap pragmatisnya, jika tidak demikian, Anda mengambil risiko Perang Dunia III, saya pikir mereka sangat menyadarinya,” ucap Zelensky saat ditanya apakah Ukraina berpikir jika China akan mengirimkan pasokan senjata kepada Rusia.

Lebih lanjut, Zelensky mengatakan bahwa dirinya secara pribadi telah mengimbau kepemimpinan China melalui saluran langsung dan secara terbuka ‘untuk tidak menawarkan dukungan apapun’ kepada Rusia dalam perang di Ukraina.

“Sejak awal tahun 1990-an, pada Memorandum Budapest dan untuk semua kesepakatan yang dicapai sejak saat itu, China selalu menjaga komitmennya,” ujarnya.

“Saya secara pribadi berharap komunitas internasional akan bergabung bersama untuk mendukung 10 poin rencana perdamaian saya, di mana jaminan Amerika, China dan kekuatan besar untuk mempertahankan keamanan dunia sudah terjamin,” imbuh Zelensky.

Dituturkan juga oleh Zelensky bahwa hubungan antara Ukraina dengan China selalu ‘sangat baik’.

“Kami memiliki hubungan ekonomi yang intens selama bertahun-tahun, dan demi kepentingan semua orang, hubungan itu berubah. Tantangan global adalah menggagalkan setiap risiko konflik nuklir,” sebutnya.

Berita terkait