Jokowi Nyatakan Amali Mundur Dari Jabatan Menpora Secara Informal, Siapa Menpora Baru?

  • Whatsapp
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa Zainudin Sakali kini telah mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) secara informal. Lantas siapa yang akan mengisi kursi Menpora?

Diketahui Amali telah melapor ke Jokowi di Istana Kepresidenan soal keinginannya fokus di PSSI pada Senin (20/2/2023) kemarin.

Waketum PSSI itu menyebut Jokowi menyerahkan keputusan kepada dirinya.

Amali Mundur Secara Informal
Hari ini, Jokowi menyampaikan Zainudin Amali sudah menyatakan pengunduran dirinya sebagai menpora secara informal. “Secara resmi, secara tertulis belum. Informal sudah,” kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Soal menpora baru pengganti politikus Partai Golkar itu, Jokowi belum mau membicarakannya. Jokowi akan menyampaikan hal tersebut setelah ada nama resmi menpora baru pengganti Amali.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya saya bicara,” ujar Jokowi.

Airlangga Tunggu Arahan Jokowi
Sementara itu, ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/2/2023), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pengganti Amali yang akan mengisi kursi Menpora menjadi hak prerogatif presiden.

“Tergantung Bapak Presiden, karena itu kan hak prerogatif presiden,” kata Airlangga

Airlangga mengatakan sejatinya Partai Golkar memiliki banyak kader. Airlangga mengatakan kader Partai Golkar akan disiapkan bila diminta untuk menggantikan posisi Zainudin Amali.

“Tentu kalau Golkar kadernya banyak, untuk yang mana pun kita bisa siapin,” kata Airlangga.

Analisis Pengganti Zainudin Amali
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai kemungkinan besar posisi menpora akan kembali diisi oleh kader Partai Golkar. Zainudin merupakan kader Golkar.
“Penggantinya pasti akan diisi kader terbaik Golkar,” ucap Adi Prayitno, saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Adi menilai, bisa juga penggantian menteri ini menjadi momen untuk reshuffle kabinet yang dipimpin Jokowi.

“Mungkin ini juga akan jadi momen reshuffle Jokowi, reshuffle minimalis terbatas. Mengganti sejumlah menteri lain yang memang tak bisa diharapkan performanya,” katanya.

Adi kemudian bicara soal sosok yang berpeluang menggantikan Zainudin Amali sebagai menpora. Ace Hasan Syadzily, menurutnya, sosok yang mungkin menggantikan Zainudin Amali.

“Kriteria selanjutnya yakni harus sesuai dengan portofolio Menteri Pemuda dan Olahraga, berkontribusi atas pemenangan Jokowi, dan tentu saja pengalaman politiknya panjang,” kata Adi.

“Ciri-ciri itu jika melihat tanda-tanda alam mengarah ke Ace Hasan Syadzily. Sepertinya sudah ada juga yang memention nama Ace sebelumnya yang dikaitkan dengan pergantian ZA,” katanya.

Jika Ace yang dipilih menggantikan Amali, hal ini dinilai akan menguntungkan bagi Presiden Jokowi dan Golkar. Ace dinilai pernah berjuang keras untuk Jokowi di Pemilu 2019.

“Kalau Ace yang jadi penggantinya, itu akan banyak menguntungkan Golkar, Ace dikenal dekat dan berjuang keras untuk Jokowi di 2019. TB Ace adalah politisi Golkar yang kompeten, kredibel, dan punya reputasi yang baik, jadi bisa menguntungkan Presiden sekaligus Golkar,” ucapnya. ***

Editor/Sumber: Riky/detik.com

Berita terkait