Tak Hanya Dicopot, Sri Mulyani akan Periksa Harta Kekayaan Rafael Trisambodo

  • Whatsapp
Rafael Trisambodo telah dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memerintahkan pemeriksaan terhadap harta kekayaan Rafael Trisambodo.
banner 728x90

Jakarta,- Rafael Trisambodo telah dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. Tak hanya itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memerintahkan pemeriksaan terhadap harta kekayaan Rafael Trisambodo.

Perintah tersebut menyusul mencuatnya jumlah harta kekayaan Rafael dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang mencapai Rp 56,1 miliar.

Diketahui harta kekayaan Rafael terungkap setelah muncul kasus putranya, Mario Dandy Satrio yang menganiaya anak pengurus GP Ansor hingga koma.

“Saya ingin menyampaikan mengenai status saudara RAT yangg merupakan pejabat di lingkungan Ditjen Pajak. Saya sudah menginstruksikan kepada Inspektorat Jenderal untuk melakukan pemeriksaan harta kekayaan dan dalam hal ini kewajaran dari harta saudara RAT,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Jumat (24/2/2023).

Sri Mulyani juga memutuskan mencopot Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari jabatan dan tugasnya di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

“Mulai hari ini saudara RAT saya minta untuk dicopot dari tugas dan jabatannya,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, dasar dari pencopotan Rafael yaitu Pasal 31 ayat 1 PP 94 Tahun 2021 mengenai Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Rafael siap diperiksa harta kekayaan

Rafael Alun Trisambodo, ayah dari Mario Dendy Satriyo (20), pelaku penganiayaan D (17) di bilangan Pesanggrahan, mengaku siap diperiksa oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Jakarta Selatan II, Rafael siap mempertanggungjawabkan seluruh harta kekayaan yang dimiliki.

“Terkait pemberitaan mengenai harta kekayaan, sebagai bentuk pertanggungjawaban saya siap memberikan klarifikasi terkait harta kekayaan yang saya miliki,” kata Rafael dalam video yang diterima wartawan, Kamis (23/2/2023).

“Saya siap mengikuti seluruh kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan,” sambung dia.

Harta kekayaan Rafael menjadi sorotan karena Mario kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial. ***

Editor/Sumber: Riky/Tribunnews.com

Berita terkait