Argentina Gantikan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

  • Whatsapp
Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina (AF), Claudio Fabian Tapia, dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Paraguay pada Kamis (30/3/2023) sore waktu setempat. (AFP/Joaquin Sarmiento)

Jakarta,- Argentina akhirnya secara resmi telah mengajukan penawaran kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia. Langkah Argentina tersebut mendapat dukungan penuh dari Israel.

Sebelumnya Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah pada 29 Maret 2023 menyusul keadaan terkini yang terkait dengan maraknya aksi penolakan terhadap Israel.

Seharusnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mulai 20 Mei sampai 11 Juni. Undian pun rencananya dilakukan 31 Maret ini. Namun FIFA membatalkan semuanya akibat banyak elemen masyarakat hingga pejabat di Indonesia menolak kehadiran timnas Israel.

Israel sendiri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Mereka menjadi wakil Eropa usai finis sebagai runner-up di Euro U-19 tahun lalu.

Dalam pernyataan resminya FIFA mengatakan pengganti Indonesia sebagai tuan rumah akan diumumkan dalam waktu dekat. Waktu penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 tidak berubah.

Teka-teki siapa yang menggantikan Indonesia mulai terjawab pada 31 Maret 2023 pagi WIB. Argentina sudah secara resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah. Demikian dikutip dari The Will News. FIFA baru akan memutuskan apakah menerima permohonan Argentina beberapa hari mendatang.

Dukungan Israel

Peluang Argentina menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah terbuka lebar. Mereka tidak akan menghalangi Israel untuk datang bertanding di Piala Dunia U-20 2023. Duta besar Israel untuk Argentina, Eyal Sela, bahkan mendukung penuh langkah negara Lionel Messi itu untuk menjadi pengganti Indonesia.

Eyal Sela menilai Argentina sangat pantas menjadi tuan rumah karena memiliki fasilitas yang bagus dan rekam jejak kesuksesan di sepak bola dunia dimana mereka baru saja menjadi juara Piala Dunia 2022.

Argentina sendiri sebenarnya tak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Namun dengan menjadi tuan rumah Alejandro Garnacho dan kawan-kawan bisa ikut serta menggantikan posisi timnas Indonesia.

Sorotan Dunia

Pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 juga menjadi sorotan media-media asing. Mereka memberitakan gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah karena faktor penolakan terhadap timnas Israel yang lolos ke putaran final.

BBC, The Guardian, Wall Street Journal hingga Al Jazeera turut memberitakan pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka kompak menyebut pembatalan ini dikarenakan penolakan terhadap Israel.

Media-media asing ini turut menampilkan foto beragam aksi protes yang digelar di berbagai kota di Indonesia yang menentang kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. ***

Editor/Sumber: Riky/Liputan6

Berita terkait