Kapolda Sulteng Diganti, Memiliki Kans di Pilgub 2024

  • Whatsapp
Foto//Irjen Polisi Rudi Sufahriadi(MANSUR K103-15)

JAKARTA,- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan empat Surat Telegram untuk merotasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Telegram tertanggal 27 Maret 2023 salah satunya mengeser Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufariadi. Penggantinya Irjen Pol Agus Nugroho.

Nama Rudi Sufariadi tak asing di masyarakat Sulteng. Polisi bintang dua moncer karirnya ketika menangani konflik kemanusiaan di Poso. Hingga dua kali memegang komando Polda Sulteng. Warga Sulteng tak asing dengan kiprah jenderal yang rajin menjaga tubuh dengan olahraga. Khususnya; diving. Bahkan Gubernur Rusdy Mastura mengapresiasi video diving Jenderal Rudi di kedalaman laut Tanjung Karang Donggala dengan kerumunan ikan hiu.

Akankah menjajal wilayah politik? Belum ada konfirmasi pasti dari jenderal dua bintang itu. Namun, namanya samar – samar masuk bursa polling kailipost.com dan sejumlah analisis politisi partai politik bahwa figur Rudi Sufariadi layak untuk sementara menjadi figur bakal calon wakil gubernur. ‘’Cocok karena latar belakang aparat penegak hukum dan dua kali membumikan diri jadi Kapolda. Baik dan sangat layak,’’ ujar Mohammad Irfan, politisi salah satu parpol.

Terpisah dari Kota Palu dilaporkan bahwa Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari mengatakan, Kapolda Sulteng bersama empat pejabat utama dan dua kapolres diganti.

Dia menyebutkan, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/713/III/kep/2023 tanggal 27 Maret 2023, Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudy Sufahriadi dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri untuk persiapan penugasan di luar struktur Polri.

Sebagai penggantinya, Kapolri menunjuk Irjen Polisi Agus Nugroho, Pati Bareskrim Polri (Penugasan pada BPOM selaku Deputi IV Bidang Penindakan sebagai Kapolda Sulteng yang baru.

Selain Kapolda Rudy, ada empat pejabat utama dan dua kapolres di Polda Sulteng yang diganti yaitu Kabid Humas Kombes Didik Supranoto dimutasi menjadi Anjak Madya bidang Akpol Lemdiklat Polri (dalam rangka pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 32 tahun anggaran 2023) dan akan diganti oleh Kombes Djoko Wienarto yang saat ini menjabat Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasda Polda Sulteng.

Selanjutnya Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Kingkin Winisuda dimutasi sebagai Anjak Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri (dalam rangka pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 32 tahun anggaran 2023) dan akan diganti oleh Kombes Dodi Darjanto, Anjak Madya Bidang Gakkum Korlantas Polri (dalam rangka pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 31 tahun anggaran 2022).

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulteng juga berganti dari Kombes Polisi Adhi Purboyo yang dimutasi sebagai Kabiddak Tikrim Pusinafis Bareskrim Polri akan diganti AKBP Dasmin Ginting yang saat ini masih menjabat Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri.

Kemudian Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sulteng Kombes Polisi Suprayitno dimutasi menjadi Dirpamobvit Polda Nusa Tenggara Barat, penggantinya Kombes Polisi Choiron El Atiq yang saat ini menjabat Anjak Madya Bidang Gakkum Korlantas Polri (dalam rangka Dikreg 49 Sesko TNI Tahun Anggaran 2022).

Sedangkan jabatan dua kapolres yang berganti adalah Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf yang dimutasi menjadi Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Sulteng.

Pengganti Kapolres Poso adalah AKBP Riski Fara Sandhy, yang saat ini masih menjabat Kapolres Tojo Unauna, sementara posisi jabatan Kapolres Tojo Unauna akan dijabat oleh AKBP S Sophian. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait