Bahas Situasi Politik, Jokowi Bakal Kumpulkan Ketum Parpol Koalisi Pemerintah

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo menerima para ketua umum partai politik koalisi pemerintah di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. Pertemuan berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keakraban. Presiden Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa. (Foto: Sekretariat Presiden)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal mengumpulkan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) koalisi pemerintah untuk membahas situasi politik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/4/2023). Zulhas mengaku membahas soal kondisi politik saat ini dengan Jokowi.

“Ya Pak gimana pak anu perkembangan politik sekarang. Selain Mendag kan saya juga Ketua PAN. Nanti kita akan kumpul. Mudah-mudahan nanti cari waktu yang tepat, Bapak akan mengumpulkan ketua-ketua umum partai untuk silaturahim,” jelas Zulhas kepada wartawan usai pertemuan, Rabu (26/4/2023).

Namun, dia tak mengungkapkan kapan pertemuan tersebut akan digelar. Menurutnya, pertemuan ketum parpol koalisi pemerintah akan digelar usai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni, PAN, PPP, dan Partai Golkar bertemu pada Kamis, 27 April 2023.

“Besok KIB (bertemu). Habis itu tadi Bapak juga mengundang ketum partai untuk ngopi bareng,” ujarnya.

Pertemuan KIB sendiri akan digelar di kediaman Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan akan dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Mardiono.

“Kalau KIB ini tanggal berapa? Besok malam kami ketemuan. Besok malam sama Pak Airlangga pertemuan. Pak Airlangga dan Pak Mardiono tanggal 27 ya,” tutur Zulhas.

Terkait dukungan di Pilpres 2024, Zulhas menyampaikan partainya belum menentukan sikap. Menurut dia, penyelenggaraan Pilpres 2024 masih panjang.

“Belum, masih panjang,” ucap Zulhas.

Berita terkait