BMKG: Daftar Wilayah RI yang Sudah Masuk Musim Kemarau April

  • Whatsapp
Ilustrasi musim kemarau di Indonesia. Sumber foto : www.pexels.com

Jakarta,- Sejumlah wilayah di Indonesia yang sudah masuk periode musim kemarau. Hal tersebut di sampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mewanti-wanti sejumlah wilayah di Indonesia masuk dalam fase kemarau kering dampak dari fenomena El Nino.

“Dengan adanya prediksi ini El Nino itu aliran massa udara basah dari Indonesia berbalik ke Samudera Pasifik. Jadi yang Indonesia menjadi kering karena aliran massa udara ini bergerak ke samudra pasifik jadi ini lawan dari La Nina,” kata dia, dalam konferensi pers daring, Jumat (27/1).

fOTO: CNN Indonesia

Dikutip dari Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat, El Nino terjadi karena pemanasan Suhu Muka Air Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan menyebabkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah sehingga mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

“Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum,” bunyi keterangan BMKG NTB.

Menurut data BMKG, musim kemarau itu terjadi secara bertahap di Indonesia. Juni jadi bulan dengan jumlah wilayah terbanyak yang mengalaminya.

Ilustrasi. Kondisi lahan persawahan tanaman jagung yang dilanda kekeringan di kawasan Pamenang, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. (Antara Foto/Rudi Mulya)

Berdasarkan data yang diterima oleh CNNIndonesia.com dari Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Dodo Gunawan, pada April ini beberapa daerah, seperti Aceh hingga Maluku Utara, sudah masuk kemarau.

Berikut daftar lengkapnya:

– Aceh bagian timur

– Sumatera Utara bagian timur

– Riau bagian selatan

– Sebagian Nusa Tenggara

– Sulawesi Tengah bagian timur

– Sulawesi Selatan bagian timur

– Sulawesi Tenggara bagian selatan

– Sebagian Kepulauan Maluku

– Sebagian Maluku Utara ***

Editor/Sumber: Riky/CNN Indonesia

Berita terkait