Dukungan Penuh Gubernur Cudy, Sulteng Siap Sambut Sejarah Penyelenggara Perdana PON Air Pantai

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Sejarah baru bakal tercipta di Sulawesi Tengah, di bawah kepemimpinan Bapak Olahraga kita Rusdi Mastura, Sulteng siap sambut sejarah menjadi tuan rumah Pertama kali gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Air dan Pantai yang akan diselenggarakan di tahun 2024.

Hal itu diutarakan Ketua KONI Sulteng Nizar Rahmatu dalam Konferensi Pers di Kantor KONI Sulteng, Kamis (6/4/2023) malam.

“Alhamdulillah Sulteng ditetapkan menjadi tuan rumah PON Air dan Pantai dengan 14 cabor pada bulan Juni 2024 mendatang,” kata Ketua KONI Sulteng Nizar Rahmatu, Kamis (6/4/2023).

Semua itu tak lepas dari dukungan penuh dari bapak olahraga kita Rusdy Mastura. Dibawah kepemimpinan beliau, sangat dirasakan kemajuan bidang olahraga di Sulawesi Tengah.

“Kami sudah bertemu dengan Gubernur Rusdy Mastura dan beliau sangat merespon dan merestui hal tersebut. Ini menjadi sejarah, Sulteng menjadi tuan rumah pertama kalinya penyelanggaraan PON Air dan pantai,” ujar Nizar.

Ajang ini merupakan event baru yang ditetapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar beberapa bulan yang lalu. Tidak sekadar ajang olahraga biasa, PON Air dan Pantai ini juga merupakan sport tourism atau olahraga wisata.

Selain menjadi sejarah baru, dan tentu Sulteng mendapatkan keberkahan dengan multi event ini, tidak hanya berbicara Prestasi dan Fasilitas, tetapi juga keuntungan-keuntungan lainnya, semisal segi Pariwisata dan Bisnis di Sulawesi Tengah. Apalagi nanti pada PON Air dan Pantai 2024 mendatang akan dihadiri Atlet dan juga Kontingen dari sebanyak 37 Provinsi se-Indonesia.

“Sebagai daerah yang dilanda bencana 2018, sangat berharap adanya gelaran besar berskala nasional yang bisa mendorong peningkatan olahraga dan pengembangan pariwisata,” ujar Nizar Rahmatu.

Setelah lebaran nanti kita akan memilih beberapa daerah di Sulteng yang sekiranya cocok menjadi venue penyelenggaraan ini seperti Donggala, Parigi Moutong, Tojo Una-una, Banggai dan Kabupaten lain. Selain itu akan dilakukan peninjauan dari KONI Pusat untuk melihat langsung titik-titik penyelenggaraan dan persiapan venue.

Sementara Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi menyebut, untuk penganggaran Pelaksanaan PON Air dan Pantai ini, akan bersumber dari APBN serta sharing dengan APBD di daerah.

Sebagai penyelenggara, KONI Pusat memberikan keunggulan bagi kita sebagai tuan rumah, yakni dari 14 Cabor yang akan dilombakan, nanti ada 3 (tiga) yang menjadi kewenangan sebagai tuan rumah memilih Cabor opsional, yang barang tentu memiliki keunggulan bagi kita sehingga bisa mendulang Emas bagi Atlet Sulawesi Tengah. ***


Penulis: Idham

Berita terkait