Maraknya Kasus Kriminal Pekerja Migran, Bamsoet Minta Polri Tingkatkan Keamanan dan Kewaspadaan

  • Whatsapp
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet bakal mencalonkan diri sebagai caketum IMI Pusat periode 2021-2025 (istimewa)

Jakarta,- Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti terkait maraknya kasus kriminal yang terjadi di tahun 2023, seperti pembunuhan berantai melibatkan komplotan penipu yang menyasar ke para perempuan pekerja migran, pembunuhan dengan modus penggandaan uang, serta berbagai kasus lainnya.

“Meminta aparat kepolisian meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan patroli khususnya di daerah rawan kejahatan,” tutur Bamsoet kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

“Dan memastikan seluruh pelaku sudah dilakukan penangkapan dan penahanan serta sudah dilakukan pemerosesan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, dan meningkatkan upaya preventif, utamanya di bulan Ramadan ini untuk menekan kasus kriminal,” sambung Bamsoet.

Ia juga pun berharap kepada pemerintah dan Polri bersama-sama meningkatkan keamanan di lingkungan masyarakat, dan melakukan upaya untuk menekan terjadinya kasus kriminalitas di Indonesia.

“Meminta Kepolisian memetakan dan mengklasifikasikan modus-modus operandi kejahatan dan kriminalitas yang marak terjadi, serta munculnya potensi modus baru yang dilakukan oleh pelaku kriminalitas,” jelas dia.

Polri Diminta Rutin Sosialisasi

Tidak ketinggalan, sambung Bamsoet, Polri harus rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar kasus kriminal dapat dicegah dan diantisipasi secara dini.

“Meminta kepolisian berkoordinasi dengan RT/RW untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar, dan meminta pemerintah untuk memperbanyak program kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat, sehingga mengurangi celah untuk terjadinya perstiwa kriminal,” Bamsoet menandaskan. ***

Editor/Sumber: Riky/Liputan6.com

Berita terkait