Terungkap, Penyuap Eks Walkot Bandung Yana Mulyana Adalah Relawan Anies Sony Setiadi

  • Whatsapp
Sony Setiadi - Sosok Sony Setiadi, Relawan Anies yang Suap Eks Walkot Bandung Yana Mulyana (Dok. cifo.co.id)
banner 728x90

Bandung,- Eks Walikota Bandung, Yana Mulya terlibat dalam kasus suap, dan peran rekannya Sony Setiadi yang juga terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Jumat, (14/04/2023) lalu di Bandung.

Diketahui dalam OTT KPK tersebut, Yana bersama Sony serta tujuh orang lainnya ditangkap oleh KPK dan diboyong ke Gedung Merah Putih KPK Jakarta untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kasus suap sebesar Rp 924,6 juta atas proyek pengadaan CCTV dan jaringan internet untuk Bandung Smart City ini pun dianggap merugikan negara dan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pejabat publik.

Kerjasama antara Yana dan Sony sendiri ini awalnya untuk merealisasikan proyek besar demi mewujudkan kota Bandung sebagai kota digital ini. Namun, KPK mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa akan ada transaksi mencurigakan antara pihak Pemkot Bandung dengan pihak swasta pada Jumat, (14/04/2023) kemarin.

Pihak KPK langsung bergegas melakukan OTT dan mendapati Yana beserta Sony sebagai terduga tersangka kasus suap proyek Bandung Smart City tahun anggaran 2022-2023 ini.

Publik ikut bertanya-tanya soal sosok Sony Setiadi ini sendiri. Diketahui, Sony adalah seorang pimpinan dari PT CIFO yang bergerak di bidang pembangunan jaringan internet. Ia pun diketahui menjadi salah satu vendor dalam proyek Bandung Smart City.

Sony juga salah satu orang yang sudah lama berkecimpung di dunia layanan jaringan. Sony pun diketahui menjabat sebagai Komisaris Utama di berbagai perusahaan lokal, seperti PT. Jaringan Citra Mandiri yang juga merupakan perusahaan penyedia layanan jaringan fiber optik.

Ia juga pernah berkarir di berbagai perusahaan jaringan lainnya seperti PT. Informatika Lintas Nusa, PT. Rahajasa Media Internet, PT. Pasim Sentra Utama, dan PT. Infokom Elektrindo.

Bukan hanya berkarir di bidang jaringan internet, Sony juga diketahui sebagai salah satu tim pendukung calon presiden Anies Baswedan. Ia bahkan sempat meresmikan BaleAnies di Bandung pada Januari 2023 lalu bersama para relawan pendukung Anies untuk maju sebagai calon presiden tahun 2024 mendatang.

Peran Sony selaku Ketua Dewan Pengarah BaleAnies pun menjadi sorotan publik usai dirinya ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka bersama Yana Mulyana.

Kini, Sony pun ikut ditahan oleh KPK untuk penyelidikan lebih lanjut soal aliran dana yang masuk dalam proyek Bandung Smart City ini. ***

Editor/Sumber: Riky/Suara.com

Berita terkait