ICW Persilahkan Menteri yang Maju di Pemilu 2024 Mundur dari Jabatan

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto: Fuad Hasim/detikcom)

Jakarta,- Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta kepada menteri kabinet Indonesia yang maju mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif 2024, agar mengundurkan diri dari jabatannya

“ICW mendorong para menteri yang ingin maju dalam kontestasi politik, khususnya pemilihan legislatif, agar segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri,” ujar ICW dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

ICW juga menilai bahwa nantinya akan terjadi potensi konflik kepentingan. Tidak hanya itu, kinerja para menteri juga dinilai tidak akan maksimal.

“Sebab, terdapat potensi konflik kepentingan di sana. Misalnya, penggunaan aset dan fasilitas negara serta kewenangan yang melekat sebagai pejabat untuk kepentingan meraup suara masyarakat di daerah pemilihannya. Selain itu kinerja sebagai menteri juga diyakini tidak akan maksimal, apalagi jelang masa kampanye nanti,” tuturnya.

“Konsentrasi menjalankan mandat sebagai menteri juga akan terganggu. Jika mereka tidak kunjung mengundurkan diri maka ICW mendesak Presiden mengambil sikap, misalnya memberhentikan mereka sebagai menteri di kabinet Indonesia Maju,” sambungnya.

Berita terkait