Gubernur Sulteng Menerima Penghargaan BNPT Awards 202

  • Whatsapp

Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Tengah dalam kategori Pelaksana Sinergitas pada Acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 BNPT RI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat malam (28/7).

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Hj.Rohani Mastura,M.Si menerima penghargaan ini yang diserahkan oleh Komjen Pol. Prof. Dr.H.Rycko Amelza Dahniel dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Kepala BNPT Komjen Pol. Prof. Dr.H.Rycko Amelza Dahniel dalam kesempatan mengatakan, kasus serangan teror di Indonesia terus menurun dari tahun 2018 hingga tahun 2023.

“Penurunan itu sangat tajam hingga mencapai indeks 89,4%. Hingga menempatkan Indonesia pada posisi yang semakin baik dalam kategori medium impacted,” sebut Komjen Pol Rycko.

Hal ini disebabkan semakin gencar dan masifnya penegakkan hukum yang dilakukan oleh Polri yang didukung oleh TNI dan seluruh lembaga terkait. Olehnya dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang telah berjuang dan berpartisipasi dalam usaha melawan terorisme di negeri tercinta Indonesia, khususnya kepada para pejuang Penerima Awards BNPT RI.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berpesan kepada BNPT untuk lebih memperkuat kolaborasi melalui pendekatan multipihak.

“Tangkal terorisme secara berjemaah, atau dilakukan secara bersama-sama,” ujar Wapres.

Wapres meminta, BNPT meneruskan langkah-langkah kontra radikalisasi untuk menangkal berkembangnya paham radikal. Terus melakukan deradikalisasi untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar radikalisme dengan bekerjasama bersama kementerian dan lembaga lainnya.

Terakhir, Beliau mengajak BNPT dan semua pihak untuk melakukan monitor dan mengawasi media sosial, terutama menjelang Pemilu 2024. Sebab, Wapres menilai gerakan radikal terorisme berpotensi tumbuh subur menjelang pemilu, tutup Wapres Maruf Amien.

Usai menerima penghargaan, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra mewakili Gubernur H.Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI atas penghargaan yang diberikan.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita untuk mendukung program penanggulangan terorisme,”tutupnya.

Selain Gubernur Sulawesi Tengah, sejumlah pejabat lain juga memperoleh penghargaan yang serupa, yakni : Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.*

Sumber: Biro Adm Pimpinan Pemprov Sulteng

Berita terkait