Imbas Polusi Buruk, Luhut: Wajib Pakai Masker Lagi

  • Whatsapp
Luhut usulkan penggunaan masker kembali diwajibkan. (Foto: ANTARA FOTO/HUMAS OJK)

Jakarta,- Polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya tengah kini tengah menjadi sorotan. Bagaimana tidak, pasalnya, kualitas udara begitu buruk dan dinilai dapat menyebabkan berbagai penyebab penyakit.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penggunaan masker harus ditekankan lagi. Terlebih pada orang-orang yang memang banyak beraktivitas atau bekerja di luar rumah.

“Jadi sekarang kita harus wajibkan mulai (pakai) masker lagi, kita sarankan, terutama teman-teman polisi kita sarankan harus pakai masker,” beber Luhut kepada wartawan.

Lebih lanjut, ia juga menyoroti dampak kesehatan yang dapat disebabkan oleh polusi udara yang sedang tinggi. Ia mengatakan bahwa polutan PM 2.5 dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya.

“Karena PM 2.5 itu bisa kena kau jantung, kanker, bisa tadi pernapasan, kamu kalau orang bikin gini kamu kan, atau kita semua,” ujar Luhut.

Spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), mencoba menggambarkan seberapa kecil polusi PM 2.5. Ukurannya ternyata jauh lebih kecil daripada helaian rambut.

Berita terkait