Indef sebut Kelompok Menengah Bawah Paling Menanggung Kenaikan Harga Beras

  • Whatsapp
Foto: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Jakarta,- Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rusli Abdullah mengatakan bahwa kelompok menengah bawah paling menanggung kenaikan harga beras.

“Jadi saya menghitung perbandingan harga ya, 2 Januari 2023 sampai kemarin (20 September 2023),” kata Rusli dalam diskusi yang diunggah di laman YouTube Indef, Kamis (21/9/2023).

Ia juga membandingkan harga beras di pasar tradisional, pasar modern, pedagang beras besar, dan di tingkat produsen. Adapun data tersebut diolah dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional Bank Indonesia atau PIHPS BI.

“Kenaikan harga beras di pasar tradisional lebih gede dibandingkan pasar modern. Ini harga beras rata-rata nasional,” beber Rusli.

Dia menjelaskan, kenaikan harga beras di pasar tradisional adalah 12,65 persen, sedangkan di pasar modern sebesar 8,82 persen. Adapun kenaikan harga beras di pedagang besar adalah 12,77 persen dan di tingkat produsen 7,58 persen.

“Dari sini kita bisa melihat bahwa orang yang paling menanggung kenaikan harga itu adalah kelompok menengah bawah,” tutur pengamat pangan ini.

Berita terkait