Timnas Indonesia U-24 Lolos ke 16 Besar Asian Games 2023

  • Whatsapp
Timnas Indonesia U-24 lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023. (Dok. NOC Indonesia)
banner 728x90

Jakarta,- Timnas Indonesia U-24 dipastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023, meski baru mengalami kekalahan 0-1 dari Korea Utara, Minggu (24/9/2023).

Kekalahan tersebut membuat Indonesia bertengger di peringkat ketiga Grup F. Adapun posisi runner up milik Kirgistan, dan pemuncak klasemennya adalah Korea Utara dengan poin sempurna.

Sejatinya poin Indonesia, Kirgistan, dan Taiwan sama-sama tiga. Namun Kirgistan dan Indonesia berhak atas posisi lebih tinggi karena selisih golnya lebih baik dari Taiwan.

Selepas laga pemungkas Grup F pada Minggu sore, selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama-sama nol, sedangkan Taiwan minus empat. Ini membuat Taiwan menjadi juru kunci Grup F.

Karena selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama, regulasi yang berlaku untuk penentuan peringkat adalah produktivitas gol. Dalam hal ini Kirgistan punya empat gol dan Indonesia hanya dua.

Dengan kata lain Kirgistan otomatis lolos ke babak 16 besar menemani Korea Utara. Selanjutnya Kirgistan bertemu Korea Selatan dan Korea Utara berhadapan dengan runner up Grup E.

Bagaimana nasib Indonesia? Jika mencermati situasi persaingan lima grup lainnya, Indonesia sudah dalam posisi aman. Ini karena Indonesia mengoleksi poin tiga dengan selisih gol +1.

Berita terkait