Waspada, Kenali Gejala Pegal Biasa dan Kanker Tulang

  • Whatsapp
Cerita wanita asal Bandung terkena kanker tulang. (Foto: TikTok/@hanihanaff)
banner 728x90

Jakarta,- Wanita asal bandung, Hani Hanafiah mendadak jadi sorotan setelah membagikan pengalamannya sebagai penyintas kanker tulang osteosarkoma. Tepatnya di 2021, ibu satu anak ini mengeluhkan gejala pegal di bagian tangan kanan.

Siapa sangka, gejala tersebut merupakan tanda awal dirinya terkena kanker tulang. Memang apa bedanya gejala pegal biasa dengan kanker tulang?

dr Faisal Miraj, SpOT menyebut jenis kanker tulang ini dimulai pada sel-sel pembentuk tulang, kerap ditemui di bagian tulang panjang. Meski lebih sering dilaporkan menyebar pada kaki, bagian tulang mana saja bisa terkena osteosarkoma termasuk di lengan. .

Pada kasus yang sangat jarang, bahkan osteosarkoma muncul di jaringan lunak, luar tulang. Kanker osteosarkoma bisa menyerang usia anak maupun dewasa.

“Kebanyakan penyebab kanker tulang masih tidak diketahui. Beberapa kasus berhubungan dengan keturunan apabila didapatkan riwayat yang sama dalam keluarga. Selain itu bisa terjadi setelah terkena paparan radiasi dosis tinggi dan sering,” ungkapnya saat dihubungi detikcom Senin (19/8/2023).

Berita terkait