Antisipasi Perang Israel-Hamas Meluas, AS Kerahkan Jet Tempur Canggih F-35

  • Whatsapp
Ilustrasi pesawat tempur F-35. Foto: South Korea Defense Ministry/AP Photo

Jakarta,- Dalam mengantisipasi eskalasi perang Israel dengan militan Islam Palestina (Hamas) di wilayah-wilayah sekitarnya, Amerika Serikat (AS) bakal mengirim pesawat tempur canggih generasi kelima, F-35, ke Timur Tengah.

Diketahui, AS mengirim jet tempur canggih, termasuk F-35 dan F-15, untuk berpatroli di wilayah Mediterania Timur. Tujuannya untuk mencegah perang Israel – Hamas menyebar ke luar perbatasan negara tersebut.

Pengerahan tersebut merupakan bentuk dukungan AS terhadap sekutu dekatnya, Israel. Israel telah menyatakan perang terhadap Hamas, setelah Hamas menghujani wilayah Israel dengan 5.000 roket.

“Kami telah mengambil langkah-langkah untuk menambah skuadron pesawat tempur F-35, F-15, F-16, dan juga A-10 Angkatan Udara AS di wilayah tersebut,” bilang Menteri Pertahanan AS Lloyd James Austin III dalam sebuah pernyataan yang dirilis Minggu (8/10/2023).

“AS mempertahankan kesiapan pasukannya secara global untuk lebih memperkuat postur pencegahan (perluasan perang) ini jika diperlukan,” sambung dia.

Berita terkait