Anies Kritik IKN Bikin Ketimpangan, Jokowi: Justru Kebalikannya

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. Setpres)
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan terkait Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal menimbulkan ketimpangan baru. Menurut Jokowi, IKN justru tak menimbulkan ketimpangan baru.

“Justru kebalikannya, kita itu tidak ingin Jawasentris. Kita ingin Indonesiasentris. karena kita ingat 58% PDB ekonomi ada di Jawa, 58% dari 17 ribu pulau yang kita miliki, 58% itu ada di Pulau Jawa, sehingga kita ingin Indonesiasentris,” ujar Jokowi di Hutan Kota JIEP, Jaktim, Rabu (29/11/2023).

“Ada di pulau lain juga pertumbuhan ekonomi, di pulau lain selain Jawa juga ada titik titik pertumbuhan ekonomi baru. Yang kita harapkan itu. Jadi juga penduduk. Populasi Indonesia ini 56% ada di Pulau Jawa, yang 17 ribu, yang lainnya mestinya ada pemerataan,” imbuhnya.

Dia menyebut IKN akan menimbulkan pemerataan ekonomi dan pemerataan penduduk. Namun, kata Jokowi, hal itu tak bisa dilakukan dalam waktu cepat.

“Pemerataan ekonomi, pemerataan penduduk, menumbuhkan titik titik pertumbuhan ekonomi baru. Saya kira arahnya ke sana. Tapi ini kan memang tidak sehari dua hari, setahun dua tahun, jangka panjang,” ujarnya.

Berita terkait