Kementerian BUMN Luncurkan ‘ATM’ Khusus UMKM

  • Whatsapp
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
banner 728x90

Jakarta,- Kementerian badan usaha milik negara (BUMN) kini telah meluncurkan vending machine atau mesin jual otomatis untuk UMKM. ‘ATM’ tersebut bertujuan untuk menjual produk-produk khusus UMKM.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, kehadiran vending machine UMKM ini sebagai jawaban atas persoalan pemasaran. Dia mengatakan, ketika Menteri BUMN Erick Thohir pergi ke daerah kerap mendapat pertanyaan mengenai pemasaran.

Dia mengatakan, Kementerian BUMN telah memiliki Pasar Digital (PaDi) UMKM untuk memasarkan produk UMKM. Namun, PaDi UMKM untuk skala besar.

“PaDi UMKm mereka bilang ‘Itu B to B’, karena kantor yang beli, BUMN yang beli, skala besar,” katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (27/11/2023).

Para UMKM kemudian meminta agar karyawan BUMN untuk membeli produknya. Namun, itu sulit dilakukan karena tak mungkin Kementerian BUMN meminta karyawan untuk menggunakan uangnya. Akhirnya, muncullah ide untuk membuat vending machine.

“Pertama kita bikin di Kementerian BUMN, nanti kita berharap di setiap public service ada, di bandara, kemudian di LRT, stasiun di kapal, rest area, bahkan sampai nanti mungkin kita usul juga kantor-kantor BUMN juga ada. Kan karyawan BUMN kerja mereka bisa beli produk UMKM seperti ini,” jelasnya.

Berita terkait