Putin sebut Rusia Tak Pernah Tolak Perundingan Damai dengan Ukraina

  • Whatsapp
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT virtual G20 melalui tautan video di Moskow, Rusia, 22 November 2023. Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS

Jakarta,- Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan kepada para pemimpin Kelompok Dua Puluh (G20) bahwa perlu memikirkan cara menghentikan “tragedi” perang di Ukraina, beberapa pernyataannya yang paling menenangkan hingga saat ini mengenai konflik tersebut.

Keputusan Putin untuk mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022 memicu konflik paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua dan konfrontasi paling parah antara Rusia dan Barat sejak Perang Dingin.

Saat berbicara kepada para pemimpin G20 untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang, Putin mengatakan beberapa pemimpin dalam pidatonya mengatakan bahwa mereka terkejut dengan “agresi” Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

“Ya, tentu saja, tindakan militer selalu merupakan sebuah tragedi,” kata Putin pada pertemuan virtual G20 yang diadakan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, Rabu, 22 November 2023,

“Dan tentu saja, kita harus memikirkan cara menghentikan tragedi ini,” kata Putin. “Ngomong-ngomong, Rusia tidak pernah menolak pembicaraan damai dengan Ukraina.”

Pernyataan tersebut, meskipun jelas ditujukan untuk konsumsi internasional, merupakan salah satu pernyataan Putin yang paling damai terhadap perang selama berbulan-bulan dan kontras dengan kecamannya yang terkadang panjang mengenai kegagalan dan arogansi Amerika Serikat.

Berita terkait