Enam Tradisi Unik yang Dirayakan Tahun Baru di Indonesia

  • Whatsapp
Ilustrasi perayaan malam tahun baru di Indonesia (Foto: istimewa)

Jakarta,- Tak lama lagi tahun baru akan segera tiba. Untuk merayakan berbagai momen yang sudah dilewati. Lebih tepatnya untuk menyongsong tahun baru yang lebih baik.

Ternyata, ada banyak tradisi unik dari tiap daerah di Indonesia untuk merayakan perubahan tahun ini. Dirangkum berbagai sumber, berikut ini sejumlah tradisi unik perayaan tahun baru di sejumlah wilayah di Indonesia. Diantaranya:

1. Badendang Rotan (Maluku)

Tradisi asal Maluku Tengah ini telah dilakukan secara turun-temurun sebagai hiburan dalam perayaan tahun baru. Acara ini bertujuan untuk mempererat solidaritas antar warganya.

Biasanya kegiatan ini diselenggarakan di sore hari pada tanggal 1 Januari. Perayaan ini mirip dengan tarik tambang tetapi menggunakan anyaman dari rotan.

2. Melepaskan Lampion (Jawa Tengah)

Tradisi tahun baru ini kerap dilakukan di Candi Borobudur, daerah Magelang, Jawa Tengah. Ada ribuan lampion yang diterbangkan secara bersamaan, sebagai simbol harapan agar tahun depan lebih baik.

Selain itu, masih banyak pertunjukan lainnya yang merupakan kebudayaan Indonesia. Tentunya dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup.

3. Kembang Api (Seluruh Daerah)

Kembang api memang sangat berhubungan erat dengan perayaan tahun baru. Keindahan dari percikan api yang menghiasi langit ini sangat indah untuk disaksikan bersama dengan keluarga.

Beberapa tempat yang biasanya mengadakan acara ini adalah area kawasan pantai. Nikmati waktu indah bersama orang tersayang sambil menetapkan resolusi baru di tahun yang baru.

Berita terkait