Harapan Baru Bontang, Ada Cadangan Migas Jumbo di Selat Makassar

  • Whatsapp
Perusahaan migas asal Italia, ENI, bakal menggantikan posisi Chevron dalam mengembangkan proyek Indonesia Deepwater atau IDD di Selat Makassar.

Balikpapan,– Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan Sulawesi (Kalsul), Azhari Idris mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki cadangan gas jumbo yang baru ditemukan.

Dengan adanya temuan potensi lapangan migas baru di Selat Makassar sendirinya industri LNG Bontang tidak jadi di tutup. Sebelumnya dengan semakin berkurangnya stok diperkirakan industri itu akan tutup di tahun 2028.

“Dua tahun yang lalu kita pernah bertemu dengan Gubernur Kalimantan Timur dan menerangkan bahwa jika dalam tempo 5 tahun kedepan kita tidak mendapatkan potensi sumur baru, berarti Bontang terpaksa di tutup. Namun kemudian 2 bulan lalu kita kembali datang ke gubernur untuk menyampaikan kabar gembira bahwa ternyata Bontang tidak jadi kita tutup karena telah ditemukan potensi migas baru yang cukup besar di Selat Makassar “, ujar Azhari Idris, saat membuka kegiatan Media Gathering (22/12/2023) di Balikpapan.

Diketahui lapangan besar untuk potensi sumur baru di Selat Makassar itu letaknya dekat dengan Panajam, namanya Lapangan Manpatu-1X.

Memang kata Azhari, operasi migas di Wilayah Kalsul sudah begitu banyak memproduksi sekian banyak sumur dan sudah menghasilkan ribuan barel minyak serta juga sudah melakukan produksi gas yang telah dialihkan ke berbagai macam penerima seperti, PLN, pabrik pupuk, petro kimia, LNG dan lainnya.

Berita terkait