Ini Tuan Rumah Piala Dunia FIFA Sejak 1930 Hingga 2026

  • Whatsapp
Foto: Maxim Shemetov/REUTERS

JAKARTA,– Piala Dunia FIFA adalah ajang sepak bola internasional paling prestisius yang diadakan setiap empat tahun sekali. Piala Dunia tidak hanya mencatat sejarah pertandingan yang sengit, tetapi juga menjadi ajang yang memupuk semangat persatuan dan kebangsaan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai piala dunia mulai dari sejarah, pemenang, dan tuan rumah piala dunia FIFA. Simak hingga akhir, ya!

Sejarah dan Tuan Rumah Pertama Piala Dunia

Dilansir dari buku Sejarah Piala Dunia oleh Yudi Fachrurrozi dan buku All About World Cup: Sejarah & Fakta Menarik oleh Ratno Fadillah, Piala Dunia berawal dari konsep yang muncul pada Kongres I Fédération Internationale de Football Association (FIFA) di Paris pada tahun 1904.

Meskipun gagasan tersebut telah timbul sejak saat itu, pelaksanaannya baru terjadi pada Olimpiade 1908 di Inggris, menjadi kompetisi sepak bola internasional perdana yang melibatkan tim terbaik dari berbagai negara.

Pada tahun 1928, FIFA mencoba mengadakan turnamen sendiri di Hungaria, namun upayanya diikuti oleh hanya empat tim dan dianggap kurang berhasil.

Berita terkait