Ini Komentar STY usai Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

  • Whatsapp
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) menyaksikan pemainnya saat latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Selasa, 23 Januari 2024. Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Jepang pada pertandingan penentu grup D Piala Asia 2023 di Qatar pada Rabu, 24 Januari 2024. ANTARAFOTO/Yusran Uccang

Jakarta,- Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, untuk kali pertama dalam lima kali keikutsertaannya di ajang tersebut.

Seperti diketahui, kepastian Skuad Timnas Indonesia maju ke fase gugur setelah Oman ditahan imbang 1-1 Kyrgyztan pada laga penutup Grup F, Kamis, (25/1/2024).

Dengan hasil tersebut membuat Oman tak beranjak dari posisi kelima klasemen mini peringkat tiga terbaik, tetap dengan 2 poin dengan selisih gol -1 dan cukup membuat Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai tim peringkat keempat dengan 3 poin dan selisih gol -3. Pasukan Merah Putih di bawah Yordania, Palestina dan Suriah yang kompak mengantongi 4 poin.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, senang berhasil membawa skuad asuhannya ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hal ini sesuai target yang sebelumnya dipatok oleh juru taktik asal Korea Selatan itu.

“Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan tertulis PSSI di Doha, Kamis malam, seperti dikutip dari Antara.

Indonesia sebelumnya mencatat satu kemenangan di laga penyisihan grup D berkat kemenangan atas Vietnam 1-0 di laga kedua. Sementara, dua pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan dari Irak 1-2 dan Jepang 1-3.

“Walaupun kita satu kali menang dan dua kali kalah, tapi para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mungkin yang mempengaruhi hasil saat ini,” ujar pelatih berusia 53 tahun itu.

“Tanpa kerja keras mungkin Tuhan tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kita untuk ke 16 besar,” ujarnya menambahkan.

Ini menjadi cacatan apik bagi Shin Tae-yong menangani timnas Indonesi, setelah keberhasilannya mengantarkan tiga tim nasional, yakni U-20, U-23, dan senior ke putaran final Piala Asia.

Berita terkait