PT IMIP Edukasi Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzym ke Masyarakat Bahodopi

  • Whatsapp

Morowali – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan secara menyeluruh di Kawasan Industri, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) melakukan kegiatan edukasi pengolahan sampah organik menjadi Eco Enzym pada masyarakat di Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah. Peserta kegiatan sebanyak 100 orang yang berasal dari komunitas masyarakat di Bahodopi dan para perwakilan tenant di Kawasan Industri PT IMIP.

Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 20 hingga 22 Januari 2024, di Lahan Sidaya PT IMIP Desa Labota, dan Desa Lele, Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah. Kegiatan edukasi itu mengangkat tema yaitu “Eco-Enzyme Selamatkan Bumi” melalui program pemberdayaan masyarakat di 2024.

Departemen Environmental PT IMIP selaku penyelenggara melalui salah seorang stafnya, Yunisan Try Harto Gultom mengatakan, edukasi Eco Enzym ini meliputi berbagai topik materi antara lain aplikasi Eco Enzym pada personal dan penyelamatan bencana, pemurnian lingkungan, pertanian, perkembangan masyarakat yang berkesinambungan, dan gambaran perkembangan dan solusi pelestarian lingkungan.

“Jadi, Eco Enzym ini diolah dari sampah organik dengan bahan baku berasal dari kulit buah naga, apel, pepaya, jeruk dan buah lainnya. Sampah organik itu diolah dengan cara difermentasi selama tiga bulan hingga menjadi produk Eco Enzym,” kata Gultom saat ditemui di Bahodopi, Senin (22/01/2024).

Berita terkait