AS Beri Selamat ke Presiden Terpilih Prabowo

  • Whatsapp
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Foto: Kedubes AS di Indonesia)
banner 728x90

Jakarta,- Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi presiden dan wakil presiden terpilih setelah KPU mengumumkan keduanya memenangkan Pilpres 2024 pada Rabu (20/3) dengan total 96 juta persen suara.

Mengenai hal itu, Amerika Serikat memberikan ucapan selamat kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Ucapan selamat disampaikan karena keduanya telah ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2024.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Terpilih Indonesia. Kami memberikan tepuk tangan kepada masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmen mereka terhadap demokrasi dan supremasi hukum,” ujar Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Vedant Patel, Kamis (21/3/2024) WIB.

Patel dalam kesempatan tersebut juga merespon mengenai hubungan diplomatik AS-Indonesia. Hal ini mengingat Prabowo sempat dilarang masuk AS karena riwayat dugaan pelanggaran HAM.

Patel mengatakan, AS selalu mengutarakan perhatian dan kekhawatiran mengenai praktik perlindungan HAM ke seluruh negara mitra. Menurutnya, AS akan tetap tegas soal perlindungan HAM.

“Dalam hubungan bilateral apapun yang kita miliki dengan negara-negara di dunia, kita (AS), ketika khawatir mengenai HAM. Atau pelanggaran lainnya, kita selalu menyampaikan hal tersebut,” ucap Patel.

Berita terkait