Janji Mensos Risma Bagi Warga Parimo, Tuntaskan Operasi Penderita Katarak

  • Whatsapp
banner 728x90

Parigi,- Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Pada selasa, (05/03/2024). Dalam kunjungan itu, ia merespon permintaan yang menjadi keluhkan masyarakat terkait masalah mata.

“Pertama, karena hampir 90 persen lansia kena masalah mata, sekarang kita survei kesiapan untuk rumah sakit di Palu yang bisa operasi katarak. Kita akan bawa pasien ke rumah sakit di Palu, nanti diinapkan di sentra kita,” ujar Risma.

Menurut dia, operasi katarak harus segera dilakukan, agar produktivitas lansia tidak menurun sehingga menyebabkan ketergantungan kepada bantuan orang lain.

“Jika tidak segera ditangani sampai terlambat, akhirnya buta, produktivitas mereka akan menurun. Sehingga, keluarganya juga harus bantu dia untuk beraktivitas. Kita usahakan sebelum puasa, akan dilakukan operasi katarak di Palu,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Mensos Risma mengimbau seluruh pekerja sosial maupun pendamping dan masyarakat, untuk mengakses situs Kementerian Sosial, comment center.

“Kami punya situs di Kemensos untuk buat laporan selama 24 jam 7 hari, melalui telepon atau media sosial, kami sebutnya comment center. Laporan tersebut langsung ke saya. Itu ada nilainya, semua bisa laporan. Teman-teman media bisa lapor, karena saya juga scanning media. Itu impactnya besar sekali,” ucap Risma.

Laporan dalam situs Comment Center itu, kata dia, memberikan pengaruh terhadap penanganan kasus, yang lebih responsif.
“Kita akan siap menangani dan itu sudah kita lakukan, ada beberapa kasus, disembuhkan psikitater, tidak bisa hanya dengan penanganan psikologi,” pesannya. *

Berita terkait