KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Tagih Janji Investasi Rp 441 Triliun

  • Whatsapp
Foto: Foto Presiden Jokowi di Australia: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menghadiri sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia di Melbourne Convention and Exhibition Center, Melbourne, Australia. Dalam pidatonya Jokowi menagih investasi Australia di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi ingin Australia mendorong penguatan kerja sama ekonomi dengan memperkuat integrasi ekonomi, salah satunya melalui Strategi Ekonomi Asia Tenggara Australia 2040 dengan mendorong investasi Australia di Asia Tenggara.

Jokowi juga berharap Australia dapat membuka lebih lebar lagi kesempatan investasi dari ASEAN ke Australia, terutama ke Indonesia. Dirinya pun menagih janji komitmen investasi yang diungkapkan PM Anthony Albanese senilai US$ 28,1 miliar atau sekitar Rp 441 triliun (kurs Rp 15 700) yang diungkapkan pada forum ASEAN Indo-Pacific Forum tahun lalu.

“Kita juga perlu optimalkan beberapa kerja sama seperti RCEP ASEAN-Australia-New Zealand FTA dan AOIP (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific). Saya apresiasi kehadiran PM Albanese pada AOIP tahun lalu di Jakarta dan saya harap komitmen Australia di AIPF senilai US$ 28,1 miliar dapat segera direalisasikan,” ungkap Jokowi dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Berita terkait