Laporkan Ganjar ke KPK Usai Pilpres, Ketua IPW Bantah Politisasi

  • Whatsapp
Foto: Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso (Ari Saputra/detikcom).

Jakarta,- Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menilai wajar jika ada anggapan politisasi dibalik pelaporan terhadap Ganjar Pranowo ke KPK karena dilakukan saat proses pemilu masih berlangsung.

Mengenai hal tersebut, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso membantah anggapan itu.

“Pengaduan IPW ini sebetulnya sudah tertunda lebih dari 10 bulan, pengaduan masyarakat atau informasi masyarakat kepada IPW sudah 10 bulan lalu. IPW menunda karena waktu itu proses capres menjadi tidak elok kalau dilaporkan saat itu,” kata Sugeng kepada wartawan, Rabu (6/3/2024).

Dia menyebut laporan itu sebetulnya bisa saja dilaporkan 10 bulan lalu. Tapi dia menghargai proses pendaftaran capres dan cawapres kala itu.

“Nah saat yang tepat menurut IPW adalah kemarin hari Selasa 5 Maret, karena juga informasi masyarakat mempertanyakan kepada IPW, bagaimana laporan mereka. Jadi kita baru laporkan baru kemarin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng enggan menanggapi lebih jauh soal tudingan itu. Sugeng berharap KPK bisa menindaklanjuti laporannya atas dasar hukum.

“Terkait pendapat dari berbagai pihak dari TPN, atau dari manapun, bahwa ini politis, IPW no comment. Tindakan IPW selalu adalah tindakan hukum, melaporkan kepada yang berwajib. Atau bicara aspek hukum dalam mengawal kasus korupsi,” ujarnya.

Berita terkait