Pemprov Sulteng Libatkan TNI Bantu Tingkatkan Produktivitas KPN

  • Whatsapp
Dok- Panen perdana komoditas jagung di Kawasan Pangan Nusantara (KPN) yang berlokasi di Desa Talaga, Kabupaten Donggala. ANTARA/HO-Dok Tengah Ahli Gubernur

Sulteng,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) melibatkan TNI untuk membantu petani meningkatkan produktivitas pertanian di Kawasan Pangan Nusantara (KPN), di Desa Talaga, Kabupaten Donggala.

“Program ini dilaksanakan melalui manunggal petani dan TNI sebagai upaya percepatan produktivitas pertanian dalam mendukung suplai bahan pangan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagaimana harapan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura,” kata Tenaga Ahli Gubernur M Ridha Saleh di Palu, Sabtu 21 April 2024.

Guna percepatan produktivitas maka Pemprov Sulteng dan Korem 132/Tadulako segera meluncurkan program tersebut di KPN di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas.

Saat ini ada sekitar 100 prajurit TNI terdiri dari 20 Koramil yang telah ditugaskan untuk membantu petani dalam menata dan membersihkan kembali lahan pascapanen perdana komoditas jagung di blok 1.

“Blok 1 memiliki luas lahan kurang lebih 80 hektare, yang telah dimanfaatkan untuk kegiatan pertanaman sekitar 15 hektare,” ujarnya.

Ridha menjelaskan Pemprov Sulteng telah membentuk kelompok tani yang akan memanfaatkan lahan seluas 100 hektare, termasuk skema dan komoditas yang akan ditanam pascapanen perdana di blok 1.

Berita terkait