Wasit Buat Kontroversi, Indonesia Ditekuk Qatar 0-2

  • Whatsapp
Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan dari Qatar di matchday pertama fase grup Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Jakarta,- Pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 bermain dengan sembilan pemain dan menelan kekalahan 0-2 dari Qatar. Pertandingan tersebut diwarnai sejumlah keputusan kontroversial wasit, Senin (15/4) malam WIB.

Kekalahan ini diwarnai keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang mengundang perdebatan. Bukan hanya terkait kartu kuning kedua untuk Ivar Jenner tetapi sejumlah pelanggaran keras pemain Qatar yang tidak mendapatkan sanksi yang pantas dari sang pengadil.

Qatar menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-17 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan. Kontrol bola Komang Teguh yang tidak sempurna membuat bola direbut pemain lawan dan penyerang sayap Qatar, Mahdi Salem melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang masih tepat dipelukkan Ernando Ari.

Tim Garuda nyaris membuka keunggulan 1-0 pada menit ke-39. Tembakan melengkung yang dilepaskan Rafael Struick ke tiang jauh masih menerpa tiang gawang Qatar.

Qatar mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-43 setelah wasit Nasrullo Kabirov melakukan pengamatan lewat Video Assistant Referee (VAR). Ini setelah Rizky Ridho dianggap melanggar Mahdi Salem di dalam kotak penalti saat coba menjaga pergerakan pemain Qatar tersebut.

Berita terkait